Ini Tips agar Barang Bawaan Tak Hilang saat Liburan - Kompas.com

Ini Tips agar Barang Bawaan Tak Hilang saat Liburan

Kompas.com - 13/05/2018, 14:47 WIB
Ilustrasi koperThinkstockphotos.com Ilustrasi koper

Liburan akan sangat menyenangkan jika seluruh rencana berjalan dengan lancar. Namun siapa sangka jika liburan juga bisa menjadi hal yang menyedihkan atau bahkan disayangkan bila terjadi. Ada beberapa hal yang bisa membuat liburan menjadi tak menyenangkan, seperti ketinggalan pesawat, delay¸ atau kehilangan barang bawaan.

Nah, bila kehilangan barang bawaan, tentunya ini menjadi sangat tidak menyenangkan, bahkan menimbulkan penyesalan kenapa hal itu bisa terjadi. Karena liburan menjadi berantakan.

Untuk menghindari adanya kehilangan pada barang bawaan saat berlibur, Anda bisa melakukan cara berikut ini agar barang bawaan Anda aman seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Gunakan Koper yang Kuat dan Kunci Koper

Gunakanlah koper yang kuat, dan pastikan Anda tahu berapa kapasitas maksimal dari koper Anda. Jangan membawa barang melebihi kemampuan dari kapasitas koper yang akan dibawa, agar nantinya koper tidak rusak yang membuat barang-barang bawaan Anda tercecer.

Selain itu, pastikan juga bahwa resleting koper berfungsi dengan baik dan gunakan gembok untuk mengamankan barang bawaan Anda yang ada dalam koper. Gunakan jenis gembok/kunci yang memiliki kualitas bagus, sehingga tidak mudah dibuka oleh orang lain.

2. Menggunakan Plastik untuk Koper

Untuk mengamankan barang Anda dalam koper, Anda bisa menggunakan plastik pembungkus atau yang biasa disebut plastik wrap. Kegunaan dari plastik ini adalah untuk meyakinkan jika koper Anda tidak dibuka dan akan aman nantinya hingga keluar dari bagasi.
Kalaupun seandainya koper Anda terbuka dan plastik rusak, maka Anda bisa menuntut pada pihak bandara. Pastikan jika Anda melapisi koper dengan plastik hingga rapih, agar nantinya tidak ada bagian yang terbuka.

3. Jangan Ragu untuk Menggunakan Lakban

Lakban juga bisa digunakan untuk mengamankan koper Anda tidak ada barang yang hilang. Gunakan lakban berwarna coklat atau lakban bening, dan pastikan Anda melilit koper dengan rapih dan rapat. Cara ini memang akan memakan biaya yang lebih, akan menghabiskan lakban yang cukup banyak.

Mengapa harus dengan lakban? Agar nantinya jika ada orang yang berusaha membuka koper, pasti mereka harus merusak dahulu lakban yang melilit koper Anda, bukan? Nah, dengan melilitkan lakban, maka akan sangat mudah bagi Anda untuk mengetahui apakah koper telah dibuka atau tidak.

4. Manfaatkan Jasa Asuransi Bagasi

Untuk menjaga agar barang bawaan Anda aman, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa asuransi bagasi yang menjamin asuransi koper dan isinya. Dengan cara ini, Anda bisa merasa lebih nyaman karena barang bawaan aman.

Pun demikian, bukan berarti cara ini memberikan jaminan kemanan 100% kepada Anda. Tapi setidaknya cara ini dapat meminimalisir kehilangan barang bawaan Anda. Jika seandainya terjadi kehilangan pada barang Anda, maka mereka akan memberikan ganti rugi yang sesuai dengan nilai barang tersebut.

5. Menggunakan Jasa Ekspedisi

Pilihan lain yang juga bisa menjadi pertimbangan untuk menjaga barang bawaan Anda tidak hilang adalah dengan menggunakan jasa ekspedisi, namun jasa ekspedisi bisa digunakan ketika akan pulang dari liburan. Dengan menggunakan jasa ekspedisi, maka Anda akan mendapatkan jaminan keamanan.

Setidaknya barang Anda akan lebih aman dan jika ada kehilangan atau kerusakan. Kalau pun terjadi hal yang tidak diinginkan, pihak ekspedisi lah yang akan memberikan ganti ruginya. Selain itu barang juga akan sampai langsung ke tempat tinggal Anda, sehingga Anda tidak perlu repot membawa barang sepulang liburan.

Bagaimana jika Setelah Keluar dari Bagasi Bandara, Koper Rusak dan Isinya Hilang?
Tak dimungkiri, ada banyak sekali kasus yang terjadi pada penumpang pesawat ketika sudah mendarat di bandara tujuan. Tak sedikit, orang yang mendapati kopernya rusak sesampainya di bandara, seperti koper jebol, terbuka, hingga barang di dalamnya hilang semua.

Ada banyak kemungkinan yang terjadi, salah satunya adalah oknum yang tidak bertanggung jawab dibalik masalah tersebut. Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya langsung saja ambil foto barang Anda yang rusak atau seperti apa kondisi koper.

Lakukan pengaduan pada pihak bandara, agar mereka segera menangani masalah tersebut. Akan lebih baik jika Anda juga mengambil foto koper sebelum memasukkannya dalam bagasi, agar nantinya jika ada sesuatu yang tidak menyenangkan terjadi, Anda bisa komplain dengan cepat.

Sebelum Anda meninggalkan bandara, sebaiknya Anda mengecek kondisi koper dan barang di dalamnya, karena jika Anda sudah meninggalkan bandara, maka pihak bandara atau maskapai tidak akan mau merespons komplain yang Anda sampaikan. Sebab semua itu sudah menjadi SOP (standar operasional prosedur) dari pihak maskapai atau bandara itu sendiri.

Liburan akan semakin menyenangkan dan merasa tenang apabila semuanya berjalan seperti rencana dan sesuai dengan yang diharapkan. Hanya karena barang bawaan bermasalah, semuanya terasa kacau. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memerhatikan kemanan barang bawaan dan nikmati liburan dengan tenang dan nyaman.

 

Artikel ini merupakan kerjasama antara Kompas.com dengan Cermati.com. Artikel ditulis oleh Cermati.com



Close Ads X