Ini Tips agar Barang Bawaan Tak Hilang saat Liburan

Kompas.com - 13/05/2018, 14:47 WIB
Ilustrasi koper Thinkstockphotos.comIlustrasi koper

Liburan akan sangat menyenangkan jika seluruh rencana berjalan dengan lancar. Namun siapa sangka jika liburan juga bisa menjadi hal yang menyedihkan atau bahkan disayangkan bila terjadi. Ada beberapa hal yang bisa membuat liburan menjadi tak menyenangkan, seperti ketinggalan pesawat, delay¸ atau kehilangan barang bawaan.

Nah, bila kehilangan barang bawaan, tentunya ini menjadi sangat tidak menyenangkan, bahkan menimbulkan penyesalan kenapa hal itu bisa terjadi. Karena liburan menjadi berantakan.

Untuk menghindari adanya kehilangan pada barang bawaan saat berlibur, Anda bisa melakukan cara berikut ini agar barang bawaan Anda aman seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Gunakan Koper yang Kuat dan Kunci Koper

Gunakanlah koper yang kuat, dan pastikan Anda tahu berapa kapasitas maksimal dari koper Anda. Jangan membawa barang melebihi kemampuan dari kapasitas koper yang akan dibawa, agar nantinya koper tidak rusak yang membuat barang-barang bawaan Anda tercecer.

Selain itu, pastikan juga bahwa resleting koper berfungsi dengan baik dan gunakan gembok untuk mengamankan barang bawaan Anda yang ada dalam koper. Gunakan jenis gembok/kunci yang memiliki kualitas bagus, sehingga tidak mudah dibuka oleh orang lain.

2. Menggunakan Plastik untuk Koper

Untuk mengamankan barang Anda dalam koper, Anda bisa menggunakan plastik pembungkus atau yang biasa disebut plastik wrap. Kegunaan dari plastik ini adalah untuk meyakinkan jika koper Anda tidak dibuka dan akan aman nantinya hingga keluar dari bagasi.
Kalaupun seandainya koper Anda terbuka dan plastik rusak, maka Anda bisa menuntut pada pihak bandara. Pastikan jika Anda melapisi koper dengan plastik hingga rapih, agar nantinya tidak ada bagian yang terbuka.

3. Jangan Ragu untuk Menggunakan Lakban

Lakban juga bisa digunakan untuk mengamankan koper Anda tidak ada barang yang hilang. Gunakan lakban berwarna coklat atau lakban bening, dan pastikan Anda melilit koper dengan rapih dan rapat. Cara ini memang akan memakan biaya yang lebih, akan menghabiskan lakban yang cukup banyak.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X