Jelang Ramadhan, Aktivitas Belanja Online Naik Dua Kali Lipat

Kompas.com - 13/05/2018, 16:00 WIB
. Getty Images/iStockphoto.

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsumsi belanja masyarakat menjelang dan saat bulan Ramadhan selalu meningkat setiap tahunnya, baik secara langsumg maupun online.

Data Shopback Indonesia menunjukkan bahwa traffic ke situs dan aplikasi Shopback mulai meningkat hingga 10 persen sejak sebulan menjelang bulan Ramadhan.

Berdasarkan data SimilarWeb, hal yang sama juga dialami platform e-commerce lainnya seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Blibli. Kelima platform e-commerce itu menunjukkan peningkatan aktivitas 5-10 persen sebulan menjelang Ramadhan dan cenderung stagnan selama bulan Ramadhan.

Baca juga: Ramadhan, Belanja Online Baju dan Kecantikan Ungguli Gadget

Co-Founder and Country Head of Shopback Indonesia, Indra Yonathan, menargetkan transaksi belanja online pada bulan puasa tahun ini akan meningkat hingga dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

“Pergeseran pola perilaku belanja masyarakat ke digital merupakan salah satu faktor penyebab peningkatan transaksi belanja di platform e-commerce," ujar Indra melalui keterangan tertulis, Minggu (13/5/2018).

Adapun tiga kategori barang yang paling dicari selama Ramadham yakni produk fashion, bahan makanan, dan mainan.

Berdasarkan data dari Accenture, sekitar 43,7 persen dari masyarakat Indonesia yang terkoneksi internet merupakan digital buyers. Baru-baru ini, Shopback juga melakukan studi terhadap pola perilaku belanja masyarakat di bulan Ramadhan di Indonesia dan Malaysia.

Studi ini berdasarkan historikal data yang dimiliki oleh Shopback sepanjang bulan Ramadan tahun lalu.

Dari data tersebut, kata Indra, traffic kunjungan ke situs dan aplikasi Shopback di dua negara itu meningkat hingga 104 persen di Malaysia) dan 102 persen di Indonesia pada minggu pertama Ramadhan.

"Untuk Indonesia, angka traffic tersebut bahkan meningkat hingga 142 persen di minggu ketiga Ramadhan dan kemudian menurun pada minggu keempat hingga 56 persen," kata Indra.

Berdasarkan studi yang sama, kata Indra, masyarakat Indonesia menghabiskan rata-rata Rp 678.726,56 pada Ramadhan tahun lalu. Walaupun volume transaksi meningkat, namun nilai pembelian dari setiap transaksi tetap tidak berubah.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X