Trump Bantu ZTE, China Jajaki Cabut Tarif Produk AS - Kompas.com

Trump Bantu ZTE, China Jajaki Cabut Tarif Produk AS

Kompas.com - 15/05/2018, 11:12 WIB
Presiden AS, Donald Trump.AFP/MANDEL NGAN Presiden AS, Donald Trump.

NEW YORK, KOMPAS.com - China mungkin akan menghapus tarif impor terhadap produk agrikultur Amerika Serikat (AS), termasuk kedelai.

Seperti dilansir CNBC Senin (14/5/2018) waktu setempat, AS dan China dilaporkan sedang melakukan penjajakan kembali terkait pencabutan sanksi terhadap ZTE yang sebelumnya dilarang untuk dipasarkan di Amerika. Maka sebagai gantinya, China akan menghapus tarif impor untuk kedelai.

Sebagai informasi, bulan lalu China menetapkan tarif sebesar 25 persen untuk 106 jenis produk yang diimpor AS ke China termasuk kedelai, mobil, dan wiski. Hal ini didorong oleh pengenaan tarif impor yang diberlakukan Trump untuk beberapa produk China.

Ketegangan di antara kedua negara yag sempat meningkat, pada Minggu (13/5/2018) lalu berangsur mereda paska Trump berkicau melalui akun Twitternya, bahwa dirinya akan membantu ZTE untuk segera kembali ke pasar AS.

Baca juga: "Prestasi" Trump Bikin Banyak Mata Uang Berjatuhan

Setelah cuitan Trump tersebut, Wall Street ditutup hijau pada Senin (14/5/2018) seiring dengan meredanya kekhawatiran investor akan kemungkinan terjadinya perang dagang antara China dan AS.


Komentar
Close Ads X