Bank Permata akan Jual Kredit Bermasalah Garasindo?

Kompas.com - 15/05/2018, 14:17 WIB
Ilustrasi NPL Thinkstockphotos.com/5432actionIlustrasi NPL

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Permata Tbk (BNLI) dikabarkan akan melakukan penjualan kredit bermasalah alias non performing loan ( NPL) sebesar Rp 1 triliun-Rp 1,5 triliun.

Mengutip Kontan.co.id, Selasa (15/5/2018), seorang sumber membisikkan, salah satu aset yang dijual adalah kredit bermasalah Garasindo senilai Rp 1,2 triiun.

Jika penjualan ini berhasil, Bank Permata akan menikmati laba sebesar Rp 1,5 triliun pada akhir 2018, atau naik 100 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

Manajemen Bank Permata dikabarkan terus melakukan berbagai upaya untuk menekan kredit bermasalah yang membebani perusahaan. Salah satu yang dilakukan adalah melikuidasi agunan kredit sejak tahun lalu dan akan terus dilakukan pada tahun ini.

Dikonfirmasi terkait ini, Head Corporate Affairs Bank Permata Richele Maramis bilang, sebagai perusahaan terbuka, bank tidak dapat berkomentar mengenai rumor pasar dan nasabah individu.

"Kami terus mengembangkan bisnis kami secara berhati-hati untuk menciptakan nilai lebih bagi semua stakeholders," kata Richele, Senin malam (14/15/2018).

Pada Maret 2017, Bank Permata pernah menjual NPL sebesar Rp 1,12 triliun kepada perusahaan asal Luksemburg, yaitu CVI CVF III LUX Master SARL.

Sebagai informasi, Garansindo dikenal sebagai agen pemegang merek (APM) mobil dan motor. Di kalangan pelaku industri otomotif, perusahaan ini dikenal sebagai importir dan APM mobil dan motor kelas atas asal Eropa dan Amerika Serikat. Beberapa di antaranya, yaitu Fiat, Alfa Romeo, Chrysler, Jeep, dan Dodge. Selain itu, kendaraan roda dua Ducati, Italjet dan Peugeot Scooters.

Mengutip dari beberapa sumber, Garasindo mendapatkan kucuran kredit dari Bank Permata sekitar tahun 2013. Namun dalam perjalanannya, fasilitas yang diberikan tersebut macet, sehingga memukul kinerja Bank Permata. (Galvan Yudistira)

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Bank Permata akan menjual kredit bermasalah Rp 1,5 triliun


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X