Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Gratis Kapal Laut dari Kemenhub Masih Sepi Peminat

Kompas.com - 15/05/2018, 16:18 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Program mudik gratis Lebaran 2018 dengan menggunakan Kapal Roro yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan masih sepi peminat. Hingga saat ini kuota mudik gratis itu masih dibawah 50 persen.

"Kuotanya belum sampai 40 persen," ujar Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setyadi di Kantor Kemenhub, Selasa (15/5/2018).

Budi menambahkan, pihaknya menyediakan tiga kapal Roro untuk mudik Lebaran 2018 ini. Kapal ini memiliki tujuan Jakarta-Semarang, Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Lampung.

"Jadi satu kali tripnya dari sini ke Lampung bisa mengangkut sekitar 1.000 motor dan penumpangnya 2.000. Jadi penumpang semuanya 6.000," kata Budi.

Menurut Budi, program mudik gratis diselenggarakan pemerintah untuk mengurangi masyarakat mudik menggunakan sepeda motor.

"Kami ingin membangun image kepada masyarakat bahwa jangan mudik menggunakan sepeda motor. Untuk menumbuhkan kebiasaan itu kita mencoba memberikan supply dengan menyiapkan kendaraan yang bisa mengakut sepeda motor itu sebagai sarana untuk mudik," ucap dia.

Selain menggelar program mudik gratis dengan kapal laut, Kemenhub juga menyediakan mudik gratis menggunakan bus dan kereta api. Namun, kuota untuk mudik gratis dua moda transportasi itu sudah habis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com