Pasar Finansial Fluktuatif, Reksa Dana Berbasis Obligasi jadi Favorit Investor - Kompas.com

Pasar Finansial Fluktuatif, Reksa Dana Berbasis Obligasi jadi Favorit Investor

Kompas.com - 15/05/2018, 17:24 WIB
IlustrasiThinkstockphotos.com Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar finansial yang masih fluktuatif membuat produk reksa dana berbasis obligasi masih menjadi favorit kalangan investor di kuartal II 2018 ini.

“Investor mencari imbal hasil yang lebih pasti dan aman. Sementara, mereka masih menghindari pasar saham karena volatilitas yang tinggi,” ungkap President Director PT Bahana TCW Investment Management Edward P Lubis dalam keterangan pers, Selasa (15/5/2018).

Menurut Edward Lubis, produk investasi seperti reksa dana terproteksi dan pasar uang dalam durasi pendek, paling banyak diminati.

Terkait dengan kondisi ini, Bahana TCW terus mencari kupon obligasi dan Medium Term Notes (MTN) korporasi dengan rating mulai dari A hingga A minus. Hal ini sesuai dengan banyaknya permintaan investor untuk menambah jumlah investasinya di reksa dana pendapatan tetap maupun terproteksi.

Sementara itu, Direktur Riset dan Kepala Investasi Alternatif Bahana TCW Asset Management Soni Wibowo mengungkapkan, total dana kelolaan yang dipegang anak usaha Bahana Pembinaan Usaha Indonesia ini telah mencapai Rp 52 triliun dibandingkan kuartal satu tahun lalu.

Untuk produk reksa dana pendapatan tetap masih menjadi pilihan favorit para investor, yakni sekitar Rp 12-15 triliun rupiah, atau 21 persen dari total AUM (Assets Under Management).

Di samping itu, reksa dana terproteksi memiliki 20,8 persen atau sekitar Rp 10 triliun hingga Rp 12 triliun. Sementara, total dana kelolaan reksa dana pasar uang sebesar Rp 8 triliun.



Close Ads X