Jembatan Timbang Dijadikan Rest Area saat Arus Mudik Lebaran - Kompas.com

Jembatan Timbang Dijadikan Rest Area saat Arus Mudik Lebaran

Kompas.com - 15/05/2018, 21:42 WIB
Jembatan Timbang dialih fungsikan menjadi rest area selama mudik mudik dan arus balik 2017Stanly/KompasOtomotif Jembatan Timbang dialih fungsikan menjadi rest area selama mudik mudik dan arus balik 2017

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan akan mengalihfungsikan jembatan timbang menjadi tempat peristirahatan atau rest area saat musim mudik Lebaran 2018.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi mengatakan, ada tujuh jembatan timbang di Pulau Jawa yang akan diubah menjadi rest area.

"Jadi semua jembatan timbang h-7 (Lebaran) tidak melakukan operasi untuk penimbangan. Jadi nanti jadi check point," ujar Budi di kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Budi menambahkan, jembatan timbang memiliki sejumlah fasilitas pendukung bagi pemudik. Rest area tersebut akan digunakan sebagai tempat istirahat bagi pemudik, khususnya pemudik yang menggunakan sepeda motor.

"Fasilitasnya ada tempat untuk tidur, mushola, toilet untuk mandi, dari polres menyediakan makanan, BBM, bengkel dan mungkin pijat gratis," kata Budi.

Sementara itu, Kepala Bidang Manajemen Operasi dan Rekayasa Lalu Lintas Korlantas Polri, Kombes Darto Juhartono mengatakan, setidaknya ada 12 rest area yang akan disediakan bagi para pengemudi motor.

"Kami menyiapkan 12 titik rest area sepeda motor dari Lampung sampai Jateng, dan perbatasan Jatim. Kantor polisi yang ada di jalur arteri juga jadi rest area," ucap Darto.


Komentar
Close Ads X