Perkuat Jaringan di Pasar Domestik, Garuda Bersinergi dengan Sriwijaya Air

Kompas.com - 16/05/2018, 11:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air Group menandatangani kerja sama komersial codeshare untuk memperkuat kerjasama jaringan, khususnya di wilayah domestik. Kerja sama tersebut sekaligus mengembangkan market share dan meningkatkan profitabilitas kedua perusahaan.

Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N. Mansury menilai kerja sama tersebut akan semakin memperluas jaringan penerbangan Garuda Indonesia dan memperbanyak destinasi baru khususnya di domestik. Pelanggan juga lebih banyak pilihan penerbangan.

“Kerjasama ini selain akan memperkuat network dari kedua maskapai juga akan meningkatkan market share, mengingat masih banyak kota kota yang memiliki pertumbuhan penumpang cukup potensial namun belum dijangkau oleh penerbangan Garuda Indonesia," ujar Pahala melalui keterangan tertulis, Rabu (16/5/2018).

Perjanjian kerja sama codeshare ini pertama kali dilakukan baik Garuda Indonesia Group dan Sriwijaya Group. Hal ini dianggap sebagai langkah awal kedua induk perusahaan untuk melakukan kerja sama yang lebih strategis di bidang lainnya ke depannya.

Pesawat Garuda terparkir di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (15/3/2018).KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN Pesawat Garuda terparkir di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (15/3/2018).

Sebagai tahap awal, kerja sama dilaksanakan melalui dua skema yang saling menguntungkan, yaitu skema perjanjian Special Prorate Agreement (SPA) dan Codeshare Agreement. Pembukaan rute-rute pada agreement tersebut akan dibagi dalam beberapa fase.

Adapun detail kerja sama itu yakni kerja sama Codeshare/SPA di rute-rute yang hanya diterbangi oleh salah satu maskapai. Misalnya, rute penerbangan tertentu dioperasikan oleh Sriwijaya dan dipasarkan oleh Garuda Indonesia. Berlaku juga sebaliknya.

Kemudian, kerja sama codeshare dengan mengombinasikan penerbangan yang dimiliki oleh kedua maskapai. Contohnya, untuk rute Jakarta-Sampit via Semarang dioperasikan oleh Garuda. Sementara rute Semarang-Sampit dioperasikan oleh Sriwijaya.

Melalui kerjasama tersebut, Garuda Indonesia atau Citilink akan menempatkan nomor penerbangan pada penerbangan yang dikerjasamakan dengan Sriwijaya atau NAM Air.

Sebaliknya, Sriwijaya/NAM Air juga akan menempatkan nomor penerbangnya pada penerbangan yang dikerjasamakan dengan Garuda Indonesia/Citilink.

Direktur Utama Sriwijawa Group, Chandra Lie menyampaikan bahwa kerjasama ini menjadi suatu catatan sejarah dalam dunia jasa penerbangan di Indonesia. Sebab, ada dua kekuatan maskapai besar yang bersinergi untuk membangun negeri.

”Komitmen kerjasama dalam pelayanan ini diharapkan akan membawa kontribusi positif buat kemajuan transportasi udara di Indonesia dan mengedepankan kepentingan pelanggan dalam melakukan perjalanannya dari Sabang hingga Merauke," kata Chandra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.