BUMN China Bakal Bantu Pembangunan Theme Park Lido Milik MNC Land - Kompas.com

BUMN China Bakal Bantu Pembangunan Theme Park Lido Milik MNC Land

Kompas.com - 16/05/2018, 22:02 WIB
Kawasan Resor Lido, Cigombong, Jawa BaratMNC Land Kawasan Resor Lido, Cigombong, Jawa Barat

WASHINGTON, KOMPAS.com -  Salah satu BUMN China, MCC Group, bakal ikut dalam proyek pembangunan Theme Park Lido, Jawa Barat. Taman hiburan ini merupakan bagian dari MNC Lido City, yang merupakan proyek  PT MNC Land Tbk, salah satu entitas usaha milik pengusaha Hary Tanoesoedibjo.

Seperti dilansir CNN Money Rabu (16/5/2018), MCC Group mengungkapkan bahwa Kamis (10/5/2018) telah meresmikan kesepakatan untuk pembangunan taman hiburan tersebut.

Kesepakatan itu terjadi di tengah-tengah upaya negosiasi AS dengan China terkait isu perang dagang yang terjadi di antara kedua negara itu.

Sebagai informasi, dalam proyek MNC Lido City itu, perusahaan milik Presiden AS Donald Trump, Trump Organization juga ikut terlibat.

Baca juga: Garap Theme Park Lido, MNC Land Peroleh Pinjaman Rp 6,7 Triliun dari China

Trump Organization sendiri, Selasa (15/5/2018) waktu setempat, menyebutkan bahwa kesepakatan yang dimiliki pihaknya berbeda dengan proyek yang didukung BUMN China tersebut.

"Proyek taman bermain itu sepenuhnya dimiliki oleh MNC Land dan tak ada hubungannya dengan Trump Organization. Hubungan kerja sama antara MNC Land dengan Trump Organization hanya meliputi kerja sama pada 2015 untuk proyek hotel dan residensial yang dimiliki MNC Land di MNC Lido City serta MNC Bali Resort," sebutnya.

Adapun MNC sendiri memberikan pernyataan serupa dengan Trump Organization.

Donald Trump sendiri sudah memimpin lagi di Trump Organization sejak dia menjadi Presiden AS. Kedua anaknya, Donald Trump Jr dan Erick Trump mengambil alih kepemimpinan Trump di perusahaan ini.

Pada 2015 silam, Trump Organization bermitra dengan MNC Land untuk menyematkan nama Trump pada lapangan golf, hotel, dan residensial yang dibangun dalam proyek MNC Lido City.

"Pembangunan Hotel Trump ada di dalam rencana induk pengembangan MNC Lido City yang juga akan menjadi tempat lapangan golf Trump pertama di Asia bersama dengan spa kelas dunia, hotel mewah, dan residensial," ucap Donald Trump Jr dalam pernyataannya pada September 2015 silam.

Dalam pernyataan yang sama, CEO MNC Hary Tanoesodibjo menyebutkan bahwa MNC Lido City sebagai integrasi destinasi resor dan gaya hidup dengan taman bermain kelas dunia pertama di Indonesia yang bersandingan dengan properti mewah Trump.

Sementara pada Juni 2016, MNC mengatakan telah mencapai sebuah kerja sama dengan MCC Group untuk merancang dan membangun taman bermain yang terintegrasi di Lido.

Namun, MCC Group masih enggan berkomentar terkait kesepakatan itu dan juga enggan berkomentar soal finalisasi desain taman bermain yang di dalamnya terdapat properti milik Trump Organization.



Komentar
Close Ads X