Akhir Tahun Rupiah Diperkirakan Berada di Level 13.800 - Kompas.com

Akhir Tahun Rupiah Diperkirakan Berada di Level 13.800

Kompas.com - 17/05/2018, 17:40 WIB
Ilustrasi rupiahKOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Ilustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Chief Economist Bank Mandiri Anton Hermanto Gunawan memperkirakan nilai rupiah akan berada di kisaran Rp 13.800 per dollar AS pada akhir tahun ini.

"Kita enggak memperkirakan rupiah akan naik di atas 14.000 sampai 15.000 kecuali ada hal yg diluar kontrol, seperti kerusuhan atau ada kesalahan policy. Akhir tahun ini kita forecast rupiah di Rp 13.800," terangnya di Gedung Mandiri Plaza, Kamis (17/5/2018)

Menguatnya rupiah ini salah satunya didorong oleh kebijakan BI (bank Indonesia) meningkatkan suku bunga acuan BI 7 Days Reverse Repo Rate (BI7DRRR). Anton memperkirakan, tahun ini BI akan meningkatkan suku bunga sebanyak dua kali, masing-masing 25 basis poin.

"Kami perkirakan hari ini akan dinaikkan 25 basis poin, lebih kepada memberikan sinyal untuk menunjukkan faktor risiko diperkecil, bukan karena faktor risiko gede banget. Perkiraan kita juga di kuartal berikutnya dinaikkan lagi 25 basis poin, semoga cukup memberikan sinyal," katanya.

Baca juga: Menjaga Rupiah, Perlukah BI Menaikkan Suku Bunga?

Selain itu, kebijakan pemerintah yang mendorong ekspor untuk menghadapi pelebaran current account defisit (CAD), yang saat ini dianggapnya sudah agak melebar jauh di angka 2,2 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) juga menjadi faktor lain menguatnya rupiah di akhir tahun nanti.

Dia menyebutkan, rupiah saat ini sudah keluar jauh dari nilai fundamentalnya, atau undervalued. Sehingga, kebijakan BI terkait peningkatan suku bunga perlu segera dilakukan.

Depresiasi rupiah yang terjadi secara terus menerus ujarnya, dapat mendorong investor asing memutuskan untuk keluar dari pasar Indonesia.

Dikutip dari data Bloomberg, rupiah pada perdagangan di pasar spot menguat 0,28 persen ke posisi 14.058 per dollar AS. Setelah kemarin sempat melemah di atas 14.100 meski kemudian ditutup menguat tipis di level 14.094.

Sementara di Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) menguat pada level Rp 14.074.



Close Ads X