Pelindo I Gelar Mudik Gratis - Kompas.com

Pelindo I Gelar Mudik Gratis

Kompas.com - 17/05/2018, 18:10 WIB
Kapal pesiar MV Superstar Libra sandar di Pelabuhan Kualatanjung milik PT Pelindo I (Persero) di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Kamis (5/4/2018).KOMPAS.com / Mei Leandha Kapal pesiar MV Superstar Libra sandar di Pelabuhan Kualatanjung milik PT Pelindo I (Persero) di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Kamis (5/4/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia 1 (Persero) atau Pelindo 1 menggelar program mudik gratis bagi 4.750 peserta dengan 11 rute mudik dengan moda darat dan laut.

Corporate Secretary Pelindo 1, M Eriansyah mengatakan, program mudik gratis bertujuan agar masyarakat bisa lebih mudah merayakan Lebaran di kampung halaman.

Program tersebut sekaligus mengalihkan pemudik yang biasa menggunakan sepeda motor ke moda transportasi lainnya, seperti menggunakan bus dan kapal laut.

"Sehingga diharapkan mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas jalan selama masa mudik Lebaran," ujar Eriansyah melalui siaran pers, Kamis (17/5/2018).

Baca juga: Kemenhub: Program Mudik Gratis Gunakan Bus Premium

Masyarakat yang ingin mengikuti program mudik gratis tersebut dapat mendaftar di Kantor Cabang Pelindo 1 di masing-masing kota keberangkatan.

Syaratnya, peserta hanya perlu membawa fotokopi Kartu Keluarga, KTP atau identitas diri lainnya yang masih berlaku sesuai dengan identitas peserta yang akan berangkat. Pendaftaran mudik gratis ini dibuka mulai 14 Mei hingga 3 Juni 2018.

“Kegiatan mudik gratis ini merupakan wujud BUMN hadir untuk negeri dalam memberikan pelayanan mudik yang aman, nyaman, dan lancar bagi para pemudik," kata Eriansyah.

Tahun ini, Pelindo I menyiapkan 45 bus pariwisata dan 12 kapal laut untuk melayani program mudik gratis. Target peserta tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu dengan peserta 2.150 orang.

Eriansyah mengatakan, 12 kapal laut yang disiapkan akan melayani rute mudik via laut, yaitu rute Pelabuhan Tanjung Pinang menuju Karimun, Selat Panjang, Bengkalis, Dumai, Tanjung Samak akan berangkat pada 11 Juni; rute Pelabuhan Kijang menuju Pulau Tujuh (Anambas, Tarempa, Midai, Natuna) keberangkatan 11 Juni; serta rute Batam menuju Belawan sebanyak 2 kali pelayaran dengan jadwal keberangkatan 9 dan 11 Juni.

Sementara itu, rute mudik menggunakan moda darat dengan bus terbagi menjadi sejumlah keberangkatan yaitu keberangkatan tanggal 11 Juni untuk rute Perawang-Padang, Perawang-Medan, Pekanbaru-Medan, Pekanbaru-Padang, Kandis-Medan, Dumai-Medan. Kemudian keberangkatan tanggal 10 Juni untuk rute Medan-Aceh, keberangkatan 10 Juni untuk rute Medan-Tapanuli Selatan dan Medan-Tapanuli Tengah.

Masing-masing rute menggunakan moda darat akan dilayani oleh lima bus kecuali rute Dumai-Medan yang dilayani oleh 10 bus.

Eriansyah mengatakan, Pelindo I memprioritaskan faktor keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bagi pemudik.

"Kami pastikan semua transportasi yang digunakan untuk program mudik ini telah memenuhi syarat, laik jalan dan dilengkapi alat keselamatan," kata Eriansyah.

Selain itu, masing-masing peserta mudik juga akan mendapatkan snack saat keberangkatan, topi dan kaos, serta dilindungi asuransi perjalanan.

"Kami berharap dengan layanan mudik gratis ini, masyarakat dapat menikmati berkah Lebaran bersama keluarga," kata Eriansyah.


Komentar
Close Ads X