Layani Angkutan Lebaran 2018, Pelni Siapkan 26 Kapal Laut - Kompas.com

Layani Angkutan Lebaran 2018, Pelni Siapkan 26 Kapal Laut

Kompas.com - 17/05/2018, 21:02 WIB
Direktur Armada PT Pelni Tukul Harsono saat diwawancarai di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (17/5/2018).KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMA Direktur Armada PT Pelni Tukul Harsono saat diwawancarai di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (17/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelayaran Nasional Indonesia ( Pelni) menyiapkan 26 kapal laut untuk melayani angkutan Lebaran 2018. Kapal-kapal tersebut akan singgah di 91 pelabuhan di Indonesia.

Direktur Armada PT Pelni, Tukul Harsono mengatakan, selain menyiapkan 26 kapal untuk trayek nusantara, pihaknya juga menyediakan 47 kapal perintis untuk melayani pemudik ke pulau-pulau terpencil.

"Mudik dengan kapal Pelni melayani hampir ke seluruh pulau di tanah air," ujar Tukul di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (17/5/2018).

Tukul menerangkan, pihaknya membagi tiga cluster pelayanan. Untuk wilayah barat terdiri dari Tanjung Priok, Tanjung Pandan, Pontianak, Batam, Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Belawan, Pulau Natuna, Semarang, Surabaya, Sampit, dan Kumai. Sementara Wilayah tengah terdiri dari Makasar, Baubau, Balikpapan, Nunukan, Tarakan, Pare-pare, Bima, Labuan Bajo, Lewoleba dan Kupang.

Baca juga: Ada 2.050 Tiket Mudik Gratis Jakarta-Surabaya dari Pelni, Ini Cara Daftarnya

Sementara untuk wilayah timur terdiri dari Ambon, Banda Neira, Namlea, Ternate, Tual, Sorong, Manokwari, Biak, Serui, Nabire dan Jayapura.

"Komposisi penumpang wilayah barat 39 persen, wilayah tengah 43 persen dan wilayah timur 19 persen," kata Tukul.

Dia menambahkan, pihaknya telah menyiapkan strategi untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat melayani angkutan Lebaran 2018. Jika nantinya terdapat lonjakan penumpang, pihaknya akan melakukan rerouting ke ruas-ruas padat penumpang.

"Kami tidak menambah armada namun menambah frekuensi pada ruas padat penumpang dengan mererouting kapal," ucap Tukul.

Pada mudik tahun 2018 ini Pelni dipercaya Kementerian Perhubungan untuk mengangkut pemudik sepeda motor dari Jakarta ke Semarang. Mudik gratis sepeda motor dimulai 9 Juni hingga 22 Juni 2018.

Selain itu, Pelni juga bersinergi dengan 23 BUMN dalam program Mudik Bareng 2018 dengan menyediakan 23.908 tiket untuk berbagai jurusan.


Komentar
Close Ads X