Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Nufransa Wira Sakti
Staf Ahli Menkeu

Sept 2016 - Jan 2020: Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan.

Saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Pengawasan Pajak

SBR003, Menjadi Bagian dari Solusi untuk Pembiayaan Pembangunan

Kompas.com - 20/05/2018, 16:50 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

ANGGARAN Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebagai instrumen pembangunan yang ditetapkan setiap tahunnya selalu disusun dengan tiga komposisi utama, yaitu belanja, pendapatan, dan pembiayaan.

Belanja negara ditetapkan berdasarkan pelaksanaan program-program yang direncanakan oleh pemerintah sehingga bersifat pasti.

Sementara itu, pendapatan negara dari pajak dan bukan pajak masih bersifat perkiraan karena sangat tergantung dari geliat ekonomi secara nasional maupun global.

Apabila belanja negara jumlahnya lebih besar dari pendapatan negara, maka terjadi defisit yang harus ditutupi melalui instrumen pembiayaan.

Pembiayaan bisa dari pinjaman melalui lembaga keuangan internasional atau melalui penerbitan surat utang negara/obligasi. Pembiayaan atau utang inilah yang seringkali menjadi perhatian masyarakat dan kerap menjadi diskusi publik.

Baca juga: Sasar Milenial, Obligasi SBR003 Resmi Diluncurkan

Hal yang menjadi pokok bahasan utama biasanya adalah karena jumlahnya yang sangat besar dan yang selanjutnya adalah kemampuan negara dalam membayar utang tersebut.

Terlepas dari semua itu, belum banyak masyarakat yang menyadari tentang posisi utang sebagai kebijakan fiskal yang harus ditempuh oleh pemerintah.

Sama dengan pajak, utang tidak populer di mata masyarakat, namun masyarakat belum menjadi bagian dalam solusi pengelolaan keuangan negara.

Untuk menjadi bagian dari solusi, masyarakat umum dapat membantu pemerintah sekaligus berinvestasi melalui instrumen pembiayaan negara dalam bentuk obligasi yang ditawarkan kepada individu/perseorangan yang salah satunya adalah Saving Bond Retail (SBR).

Disebut ritel karena obligasi ini dapat dibeli oleh masyarakat umum melalui agen penjualan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Selain sebagai alternatif pembiayaan negara, SBN Ritel ini juga menjadi cara lain dalam berinvestasi bagi masyarakat. Investasi ini lebih pasti karena pembayaran bunga/imbalan dan pelunasan/pembelian sepenuhnya kembali dijamin oleh Pemerintah.

Untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, sampai dengan tanggal 25 Mei 2018 ini pemerintah membuka penawaran SBR seri SBR003 dengan harga yang terjangkau, yaitu minimum pemesanan Rp 1 juta.

Baca juga: Anak Muda Mau Investasi Modal Rp 1 Juta, Bisa ke Obligasi Ritel SBR003

 

Melalui suku bunga yang lebh tinggi dari deposito perbankan, sebesar 6,8 persen, SBR003 ini juga dapat dibeli secara online melalui platform e-SBN yang praktis dan mudah dijangkau oleh masyarakat.

Segmen yang menjadi sasaran pemerintah kali ini adalah generasi muda atau yang biasa disebut kaum milenial.

Oleh karena itu, agen penjual atau mitra distribusi yang dilibatkan selain bank dan perusahaan efek juga melibatkan perusahaan keuangan yang bergerak di bidang FinTech yang dapat diakses secara online.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com