CIMB Niaga Syariah dan BNI Syariah Tutup Bisnis Gadai Emas

Kompas.com - 22/05/2018, 15:13 WIB
Ilustrasi emas batanganSHUTTERSTOCK Ilustrasi emas batangan

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia Syariah ( BNI Syariah) dan unit usaha syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk ( CIMB Niaga Syariah) tak lagi menggarap bisnis pembiayaan gadai emas. Pasalnya, kedua bank ini telah menutup produk pembiayaan gadai emas mereka.

Mengutip Kontan.co.id, Selasa (22/05/2018) Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji Djajanegara menjelaskan, perusahaannya sudah meninggalkan bisnis gadai emas sejak 1,5 tahun yang lalu.

“Sudah tidak bermain lagi soalnya bisnisnya menurut kami beda dengan bisnis perbankan. Kita fokus ke yang lebih tradisional perbankan saja,” jelas Pandji kepada Kontan.co.id, Selasa (22/5/2018).

Selain itu, menurutnya, dari sisi kualitas pembiayaan, gadai emas cenderung lebih rentan bila dibandingkan dengan pembiayaan lain. “Kalau kita kurang fokus di bisnis ini, potential NPL juga historically lebih besar,” jelas Pandji.

Terkait nilai pembiayaan CIMB Niaga Syariah pada gadai emas tidak terlalu besar. Menurut Pandji di pertengahan 2016 hanya sekitar Rp 200 miliar.

Direktur Bisnis BNI Syariah Dhias Widhiyati menjelaskan, pihaknya pun telah menghentikan bisnis gadai emas sejak dua tahun terakhir. “Kapabilitas kami tidak pada bisnis gadai emas,” jelas Dhias.

Sekadar informasi, akhir tahun 2016, pembiayaan pada bisnis gadai emas BNI Syariah hanya sekitar Rp 20 miliar turun 10 persen yoy dari tahun sebelumnya. (Yoliawan H)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: CIMB Niaga Syariah dan BNI Syariah tutup bisnis gadai emas




Close Ads X