Rombak Susunan Pejabat Eselon I, Menteri Susi Mengaku Lega...

Kompas.com - 22/05/2018, 20:54 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti membacakan puisi saat panggung puisi dan musik dengan tema 20 Tahun Reformasi, Kembali ke Rumah Rakyat di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (8/5/2018). Sejumlah menteri seperti Retno Marsudi dan Hanif Dhakiri tampil membawakan puisi.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti membacakan puisi saat panggung puisi dan musik dengan tema 20 Tahun Reformasi, Kembali ke Rumah Rakyat di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (8/5/2018). Sejumlah menteri seperti Retno Marsudi dan Hanif Dhakiri tampil membawakan puisi.


JAKARTA, KOMPAS.com
—Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti merombak susunan pejabat eselon I di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Empat pejabat dirotasi. Sejumlah pesan khusus pun disampaikan kepada para pejabat baru itu.

"Pergantian manajemen adalah suatu hal yang biasa dalam perjalanan organisasi. Hari ini saya lega melihat tatanan baru di KKP. Saya yakin setiap individu mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan jabatan barunya," kata Susi melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Selasa (22/5/2018) malam.

Tujuan rotasi disebut untuk memaksimalkan tugas dan fungsi sumber daya manusia di lingkungan KKP. Adapun pejabat yang dilantik adalah sebagai berikut:

  1. Nilanto Perbowo sebagai Sekretaris Jenderal, sebelumnya menjabat Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan.
  2. Zulficar Mochtar sebagai Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, sebelumnya menjabat Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan.
  3. Rifky Effendi Hardijanto sebagai Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, sebelumnya menjabat Sekretaris Jenderal.
  4. Sjarief Widjaja sebagai Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia, sebelumnya Direktur Jenderal Perikanan Tangkap.

Kepada mereka, Susi berpesan agar dapat menunaikan tugas dan perannya sebaik mungkin.

Secara khusus, Susi berpesan kepada Rifky untuk membuat produk perikanan Indonesia bernilai jual tinggi di nasional maupun global. Susi juga tidak mau dengar ada nelayan yang tidak bisa memasarkan hasil tangkapannya.

Baca juga: Menteri Susi Ajak Rayakan Hari Kebangkitan Nasional dengan Kerja Nyata

Kepada Zulficar, Susi minta supaya dapat menjaga keberlangsungan sektor perikanan tangkap. Susi juga ingin agar izin tangkap tidak hanya diberikan pada beberapa perusahaan supaya terhindar dari persepsi negatif dari masyarakat.

Secara keseluruhan, Susi berpesan agar semua direktorat jenderal melakukan efisiensi anggaran. Efisiensi dapat dimulai dengan meneliti kembali anggaran belanja hingga perjalanan dinas di bagian terkait.

"Saya harapkan semua dengan direktorat masing-masing disesuaikan. Misalnya buat cold storage jumlahnya dikecilkan, tapi ditingkatkan kualitasnya," tutur Susi.




Close Ads X