Trik Amartha agar Nasabah Tepat Waktu Membayar Angsuran

Kompas.com - 23/05/2018, 09:08 WIB
CEO dan Founder Amartha, Andi Taufan Garuda Putra. KOMPAS.com/AMBARANIE NADIACEO dan Founder Amartha, Andi Taufan Garuda Putra.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Amartha Mikro Fintek memiliki angka ketepatan waktu debitur mengembalikan kredit sebesar 99,84 persen. Jumlah yang nyaris sempurna bagi perusahaan penyedia jasa peer-to-peer lending dengan angka kredit bermasalah hanya sekitar 0,2 persen.

CEO dan Founder Amartha, Andi Taufan Garuda Putra mengungkap trik Amartha mencapai angka angsuran tepat waktu yang tinggi.

"Karena kita punya sistem kombinasi dengan pembiayaan dalam bentuk kelompok," ujar Taufan di Conclave Wijaya, Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Peminjam membuat satu kelompok berisi 10-20 orang. Jika salah satunya ada yang kesulitan bayar, anggota lainnya akan patungan untuk menutupinya. Dengan demikian, masalah pembayaran angsuran bisa lancar dan tepat waktu.

Model tersebut dianggap cocok dengan ibu-ibu yang tinggal dalam satunlingkungan karena sudah saling mengenal dalam jangka waktunlama.

"Mereka bisa screening mana yang layak dapat pembiayaan dari Amartha," kata Taufan.

Sejak berdiri 8 tahun lalu, Amartha telah menyalurkan Rp 402,85 miliar ke hampir 105.000 pengusaha mikro. Seluruhnya adalah perempuan sebagaimana segmentasi Amartha. Angka ketepatan waktu angsuran yang tinggi, membuat Amartha dapat kepercayaan tinggi dari investor untuk meminjamkan modal.

"Mereka bisa pilih sendiri siapa yang mau didanai. Biasanya investor dari orang di kota besar dan profesional muda yamg biasa investasi," kata Taufan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X