Dua Maskapai Ini Akan Terbang Perdana di Bandara Kertajati

Kompas.com - 23/05/2018, 21:12 WIB
Garbarata Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati, Majalengka. KOMPAS.com/Putra Prima Perdana.Garbarata Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati, Majalengka.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat akan mulai beroperasi, Kamis (24/5/2018) besok.

Manager Humas Airnav Indonesia, Yohanes Sirait mengatakan, pengoperasian bandara seluas 1.800 hektar itu ditandai dengan penerbangan perdana oleh dua maskapai.

“Buat besok itu inaugural flight, ada Batik (air) sama Gauda yang melayani,” ujar Yohanes saat dihubungi Kompas.com, Rabu (23/5/2018).

Mengenai maskapai mana saja yang akan melayani penerbangan di Bandara Kertajati, Yohanes mengaku belum mengetahuinya. Dia hanya mengetahui bandara tersebut akan melayani lima kloter saat musim haji 2018.

Baca juga: Jokowi Minta Pengembangan Bandara Kertajati Dimaksimalkan

“Soal penerbangan regulernya apa aja itu tanya ke Kemenhub. Penerbangan reguler itu maskapai minta izinnya ke Kemenhub. Jika sudah ok baru diserahkan ke kita,” kata Yohanes.

Yohanes menjelaskan, pengoperasian Bandara Kertajati dilakukan setelah Aeronautical Information Publication (AIP) yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kepada seluruh stakeholder penerbangan di seluruh dunia.

“Jadi 29 Maret lalu Kemenhub melakukan AIP. Itu publikasi kepada stakeholder penerbangan di seluruh dunia terkait kesiapan operasional penerbangan. Jadi bukan komersil ya. Jadi misalnya bahwa ada bandara baru posisinya di sini, lokasi koordinatnya, rutenya. Nah 2x28 hari sejak peristiwa itu maka publikasi itu efektif. Itu lah yang besok yang tanggal 24 Mei. Artinya kita sudah bisa melayani penerbangan di tanggal itu,” ujar Yohanes.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X