Prospek Saham Emiten Perunggasan Melonjak selama Bulan Puasa

Kompas.com - 24/05/2018, 13:45 WIB
Ilustrasi daging ayam SHUTTERSTOCKIlustrasi daging ayam

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulan Ramadhan kerap dibarengi dengan kenaikan harga komoditas pangan. Salah satu yakni daging ayam yang biasanya harganya sudah naik sebulan sebelum puasa.

Analis Bahana Sekurita, Michael Setjoadi menuturkan pada kuartal II 2018, terjadi kenaikan harga untuk ayam broiler.

"Permintaan terhadap ayam biasanya sudah mulai naik mendekati puasa, sehingga akan diikuti dengan kenaikan harga," ujar Michael dalam keterangan tertulis, Kamis (24/5/2018).

Baca: Ini Saham-saham yang Patut Dilirik saat Bulan Puasa

Michael mengatakan, kenaikan harga sepanjang Ramadhan biasanya memberi kontribusi terbesar selama setahun. Besarannya sekitar 31 persen terhadap total profitabilitas kedua perseroan sepanjang setahun.

Seiring harga naik, ada dampak positif bagi produsen ayam karena meningkatnya pendapatan. Sebut saja PT Charoen Pokphand Indonesia dan PT Japfa Comfeed Indonesia.

Pada kuartal pertama, Japfa telah meningkatkan produksi day old chicken (DOC) lebih dari 20 persen sehingga mendukung kenaikan volume penjualan pakan sebesar 14,5 persen dan penjualan ayam pedaging naik 30 persen. Dengan angka tersebut, Japfa mampu merebut pangsa pasar pesaingnya, Charoen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Charoen hanya membukukan kenaikan volume penjualan pakan sebesar 4,2 persen. Volume penjualan DOC naik 2,5 persen pada kuartal satu 2018 dibanding periode yang sama tahun lalu.

"Kinerja positif yang telah dibukukan oleh Japfa tentunya berpengaruh terhadap penjualan selama Ramadhan ini dengan kenaikan produksi DOC yang telah dilakukan sejak kuartal pertama," kata Michael.

Bahana Sekuritas merekomendasikan beli saham Japfa dengan kenaikan target harga menjadi Rp 2.000 perlembar saham dari target harga sebelumnya Rp 1.750 perlembar.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.