Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag Sebut Harga Ayam Turun Jadi Rp 33.000 per Ekor

Kompas.com - 24/05/2018, 22:11 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan bahwa saat ini harga ayam di pasar sudah mengalami penurunan dibandingkan harga pada dua pekan lalu.

Hal itu dikatakannya selepas rapat koordinasi dengan perwakilan Kementerian Pertanian (Kementan), perwakilan Perum Bulog, dan Kemenko Perekonomian di Kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (24/5/2018).

"Tadi sudah dapat laporan harga turun, bahkan di di Pasar Ciputat juga turun. Laporan juga yang di Lampung kalau enggak salah ada di bawah patokan Rp 33.000 (per ekor). Jadi Rp 32.000," kata Enggartiasto.

Namun, untuk harga ayam secara nasional disebut Enggartiasto ada pada kisaran Rp 33.000 per ekornya.

Baca juga: Pasokan Ayam Habis, Ratusan Gerai KFC di Inggris Tutup

Adapun yang menjadi penyebab turunnya harga ayam tersebut adalah kebijakan baru dari Kementerian Perdagangan (Kemendag).

"Sekarang kami minta integrator untuk mengeluarkan semua stoknya yang semula kami batasi untuk tidak masuk pasar-pasar, tetapi saya bilang masuk semua, keluarkan, boleh dan kami sudah mulai melakukan penjualan di 400 titik," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com