Menanti Gebrakan Perry Warjiyo sebagai Pucuk Pimpinan Bank Indonesia

Kompas.com - 25/05/2018, 06:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengaku siap membenahi sistem perekonomian Indonesia, utamanya untuk menguatkan kembali rupiah.

Hal itu merupakan janji yang tentunya ditunggu-tunggu semua masyarakat, termasuk Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Baca: Sri Mulyani Menanti Gebrakan Perry Warjiyo Kuatkan Rupiah

Terkait dengan langkah tersebut, menkeu berharap Perry segera melakukan langkah-langkah menguatkan nilai tukar rupiah yang bergejolak.

"Kita berharap Gubernur yang baru bisa lebih memberikan kontribusi pada stabilitas ekonomi nasional dan sistem keuangan. Kita tunggu gebrakan yang akan dilakukan," ujar Sri usai pelantikan Perry di gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (24/5/2018).

Usai dilantik, Perry berkomitmen membawa BI menjalankan mandatnya untuk menjaga stabilitas perekonomian. Ia telah menyusun sejumlah instrumen untuk menstabilkan inflasi dan nilai tukar rupiah.

Dalam jangka pendek, Perry memprioritaskan mencari cara agar nilai tukar rupiah kembali stabil.

"Prioritas saya di BI dalam jangka pendek adalah memperkuat bagaimana langkah langkah segera menstabilkan nilai tukar rupiah," kata Perry.

Perry mengatakan, nilai tukar rupiah melemah, terutama sejak Februari 2018, akibat tekanan eksternal. Terjadi kenaikan yield Surat Utang Negara AS (US Treasury) ke arah 3,3 persen.

Baca: Sri Mulyani Menanti Gebrakan Perry Warjiyo Kuatkan Rupiah

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.