Bandara Kertajati dan Harapan Pertumbuhan Ekonomi di Jawa Barat

Kompas.com - 25/05/2018, 08:23 WIB
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka. -KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMABandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Internasional Jawa Barat ( BIJB) Kertajati menggelar soft launching pada Kamis (24/5/2018).

Soft launching bandara yang terletak di Kabupaten Majalengka itu ditandai dengan pendaratan perdana oleh pesawat kepresidenan yang ditumpangi Presiden Joko Widodo.

“Alhamdulliah sudah kita saksikan pendaratan resmi yang pertama pesawat turun di Bandara Internasional Kertajati setelah kemarin ada percobaan-percobaan yang dilakukan," ujar Jokowi.

Baca: "Aerocity" di Bandara Kertajati Akan Lebih Besar dari India

Bandara yang memiliki luas 1.800 hektar itu rencananya baru akan melayani penerbangan komersil pada 8 Juni. Sudah ada tiga maskapai yang siap melayani penerbangan di bandara itu.

Adapun ketiga maskapai tersebut, yakni Citilink, Lion Air dan Wings Air. Untuk permulaan, bandara yang memiliki kapasitas lima juta penumpang per tahun ini akan melayani rute Surabaya dan Denpasar.

Jokowi berharap, pembangunan bandara ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Jawa Barat khususnya di Kabupaten Majalengka.

Nantinya, bandara ini akan terintegrasi dengan Pelabuhan Patimban di Subang. Saat ini pemerintah tengah membangun Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) sepanjang 60 kilometer untuk dijadikan akses ke bandara tersebut.

Pemerintah juga menginginkan bandara ini bisa terhubung dengan kereta api. Namun, saat ini bandara terbesar kedua di Indonesia ini baru terhubung dengan Tol Cipali.

“Integrasi akan memberikan fasilitas pelayanan kepada investor, investasi-investasi yang masuk dan itu kita beharap pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat akan bisa ditingkatkan lebih baik," kata Jokowi.

Baca: Menhub Sebut Bandara Kertajati Terbesar Kedua Setelah Soekarno-Hatta

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X