Arcandra: Produksi Minyak Rendah, Indonesia Perlu Kembangkan EBT

Kompas.com - 25/05/2018, 08:40 WIB
Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ketika meresmikan sumur bor air tanah di Kabupaten Agam, Kamis (24/5/2018). KOMPAS.com/Mutia FauziaWakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ketika meresmikan sumur bor air tanah di Kabupaten Agam, Kamis (24/5/2018).

AGAM, KOMPAS.com - Cadangan minyak Indonesia yang hingga saat ini masih dapat diambil berada pada kisaran 3,2 hingga 3,3 miliar barel.

Dibandingkan dengan cadangan dunia, Indonesia hanya memiliki 0,2 persen cadangan minyak. 

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Archandra Tahar mengatakan, sebagai negara dengan jumlah cadangan minyak yang sangat kecil, Indonesia perlu mengembangkan energi baru dan terbarukan.

"Cadangan minyak kita kurang dari 1 persen cadangan dunia. Lantas kalau cadangan minyak kita cuma segitu, andalan kita apa? Energi terbarukan. sampai hari ini yang dikatakan EBT adalah energi yang tak ada habisnya," jelasnya ketika meresmikan sumur bor dan pembangkit listrik tenaga EBT di se-Sumatera Barat di Kabupaten Agam, Kamis (24/5/2018).

Dirinya menambahkan, walaupun tidak akan habis karena bersifat berkelanjutan, perlu dilakukan perawatan agar EBT dapat terus terjaga.

"Contohnya Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) ini, kalau tidak dipelihara seperti di Maninjau, denhan adanya Keramba, ada kemungkinan PLTA itu tidak akan jalan lagi. Tergantung bagaimana merawatnya," ujarnya.

Sehingga menurutnya, dalam proses pembangunan sebuah negara, tidak hanya infrastruktur saja yang penting, tetapi juga pembangunan kualitas manusianya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai informasi, pada Kamis (24/5/2018) ini Kementerian ESDM telah meresmikan 9 sumur bor, 3 20 PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro), dan 17 Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) se Sumatera Barat.

Peresmian dilakukan secara terpusat di Nagari Padang Tarok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.