Bulog Pastikan Stok Pangan Aman hingga Lebaran

Kompas.com - 25/05/2018, 15:39 WIB
Pekerja mengangkut beras impor dari Thailand di gudang Bulog Divre Jatim, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (26/2/2018). Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan telah menerbitkan izin impor beras sebanyak 500.000 ton  kepada Perum Bulog dengan tujuan untuk menstabilkan harga. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/ama/18Pekerja mengangkut beras impor dari Thailand di gudang Bulog Divre Jatim, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (26/2/2018). Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan telah menerbitkan izin impor beras sebanyak 500.000 ton kepada Perum Bulog dengan tujuan untuk menstabilkan harga.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perum Bulog memastikan stok beras tetap aman selama Ramadhan hingga Lebaran mendatang.

Stok beras yang dimiliki Bulog saat ini adalah sebesar 1,3 juta ton. Ini sudah cukup memenuhi kebutuhan selama Ramadhan dan sampai Lebaran nanti, bahkan prediksi kami ini lebih dari cukup. Masyarakat tidak perlu khawatir, kami pastikan stok aman,” kata Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Karyawan Gunarso, kepada Kompas.com, Jumat (25/5/2018).

Adapun persediaan stok beras itu berasal dari dalam negeri sebesar 700.000 ton dan beras impor sebesar 633.000 ton.

Gunarso juga menyatakan, hingga akhir 2018, Bulog menargetkan penyediaan beras mencapai 2,7 juta ton.

Baca juga: Menanti Gebrakan dari Cara Berpikir Budi Waseso soal Bulog dan Pangan

Selain mengemban peran menjaga ketersediaan stok, Bulog juga mengemban peran dalam menstabilkan harga.

Untuk mendukung kelancaran tugas tersebut, Bulog telah menetapkan tiga strategi utama, yaitu pertama, menjamin ketersediaan beras di gudang-gudang yang dimiliki saat ini.

"Kedua, dalam stabilisasi harga, Bulog melakukan penyebaran dan distribusi beras langsung door to door ke konsumen baik di pemukiman-pemukinam konsumen atau ke lokasi konsumen yang terdekat yang dilakukan dengan memanfaatkan retailer-retailer binaan perusahaan," sebut Gunarso.

Namun demikian, beras bukan satu satunya pangan yang stoknya terjaga di Bulog. Beberapa stok pangan lainnya disebut Gunarso juga dalam kondisi aman hingga Lebaran nanti.

"Stok pangan pokok lainnya yang dimiliki Bulog saat ini antara lain adalah gula pasir sebanyak 176.000 ton, daging kerbau sebanyak 4.000 ton, jagung 245 ton, tepung terigu 789 ton, dan minyak goreng sebanyak 5,3 juta liter," kata Gunarso.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X