Semester II 2018, Pasar Finansial Domestik Masih Penuh Volatilitas

Kompas.com - 26/05/2018, 09:30 WIB
Ilustrasi bursa thikstockIlustrasi bursa

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi pasar pada semester II 2018 dipastikan masih penuh dengan volatilitas. Hal itu tak terlepas dari beberapa peristiwa yang terjadi selama periode tersebut.

Gejolak pasar tersebut salah satunya disebabkan oleh aksi-aksi Donald Trump selaku Presiden AS.

Direktur Utama Mandiri Sekuritas Silvano Rumantir menyampaikan agar pasar bisa menerima hal tersebut dan menganggapnya bukan sebagai sesuatu yang negatif.

"Kedua akan ada Pilkada di bulan Juni. Harapannya kita optimis semoga di semester II volatilitas dari antisipasi terhadap pilkada sudah mereda karena Pilkada sudah selesai," jelas Silvano di Jakarta, Jumat (25/5/2018).

Berbagai peristiwa lainnya seperti rapat The Fed pada Juni dan libur musim panas di sebagian negara pada periode Juli hingga Agustus, akan menyebabkan pasar sedikit sepi dari ingar bingar para investor.

Pasalnya, kata Silvano, investor asing terutama dari Eropa dan Amerika mengambil day off sehingga pasar akan sedikit sepi selama Juli-Agustus.

"Jadi baik global bond maupun IPO yang gede-gede mungkin agak sedikit terhenti di bulan Juli-Agustus karena investor is not in the office. Semoga di semester II dengan tidak ada faktor Pilkada dan dengan The Fed menaikkan rate sesuai ekspektasi, maka pada bulan Juni market bisa sedikit settle," terang Silvano.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X