Ada Remaja Curi Koper di Bandara, YLKI Desak AP II Benahi Sistem Keamanan

Kompas.com - 28/05/2018, 09:38 WIB
Kapolres Bandara Soekarno-Hatta AKBP Viktor Togi Tambunan saat merilis kasus pencurian 10 buah koper oleh rwmaja berusia 15 tahun di Mapolresta Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (27/5/2018). Kompas.com/Sherly PuspitaKapolres Bandara Soekarno-Hatta AKBP Viktor Togi Tambunan saat merilis kasus pencurian 10 buah koper oleh rwmaja berusia 15 tahun di Mapolresta Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (27/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyoroti kasus DV (15) yang mencuri 10 buah koper di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, dengan menyelinap melalui pintu keluar. Melalui kasus ini, sistem keamanan bandara juga dinilai sangat lemah dan harus segera dibenahi.

"Ini fatal sekali. Kasus ini menunjukkan sistem pengamanan di area tersebut sangat lemah," kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi saat dihubungi Kompas.com pada Senin (28/5/2018).

Kepada polisi saat sudah diamankan, DV mengaku memasuki area pengambilan bagasi di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dengan berpura-pura sebagai penumpang. Dia sampai membawa koper miliknya sendiri saat tiba di bandara seolah-olah seperti penumpang yang baru saja mendarat.

Tulus mendesak agar PT Angkasa Pura II membenahi seluruh sistem keamanan di bandara naungannya, terutama Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: Masuk Lewat Exit Gate, Begini Cara Remaja Ini Curi Koper di Bandara

Hal itu dinilai perlu dilaksanakan sesegera mungkin guna menjaga rasa aman dan kepercayaan pengguna jasa bandara terhadap pengelola bandar udara.

"Jangan sampai Terminal 3 yang dibangga-banggakan itu ternyata punya titik lemah yang rawan," tutur Tulus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat dihubungi secara terpisah, Vice President Corporate Communication AP II Yado Yarismano mengingatkan agar penumpang selalu waspada. Yado juga meminta penumpang tidak segan untuk melapor ketika didapati ada hal-hal yang mencurigakan.

"Langsung melaporkan saja jika ada hal-hal yang tidak biasanya," ujar Yado.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.