Gaya Hidup Ini Bisa Membuat Kantong Sehat - Kompas.com

Gaya Hidup Ini Bisa Membuat Kantong Sehat

Kompas.com - 28/05/2018, 11:34 WIB
Ilustrasi hidup sehatHalfpoint Ilustrasi hidup sehat

KOMPAS.com - Gaya hidup memang menjadi salah satu hal yang memengaruhi keuangan seseorang. Dengan gaya hidup yang tidak sehat, sangat mungkin membuat keuangan berantakan, akibat boros, atau bahkan harus membayar biaya pengobatan yang mahal karena mengonsumsi makanan dan minuman yang mudah mendatangkan penyakit.

Tak dimungkiri, masih banyak orang yang beranggapan bahwa menerapkan gaya hidup sehat itu butuh biaya mahal, bahkan cenderung rumit. Berbagai alasan sering menjadi penyebab pola hidup sehat sulit diterapkan.

Padahal, sejatinya dengan gaya hidup sehat, maka akan sangat membantu keuangan Anda. Tanpa disadari, jika dijalankan dengan tepat, maka gaya hidup sehat mampu memberikan banyak kegunaan, baik bagi tubuh, maupun keuangan.

Gaya hidup sehat bukanlah sulit untuk dilakukan jika Anda memiliki komitmen dan disiplin yang tinggi. Lalu, bagaimana menerapkan gaya hidup sehat yang mudah dilakukan dan bisa membuat kantong juga sehat?

Baca juga: Gaya Hidup Bergeser, Orang Lebih Pilih Travelling Ketimbang Belanja

Simak beberapa gaya hidup yang bisa Anda terapkan untuk mengamankan keuangan, seperti dikutip dari Cermati.com.

1.  Buang jauh-jauh pikiran negatif

ilustrasiDragonImages ilustrasi
Hal pertama yang harus dilakukan bila ingin menerapkan gaya hidup sehat adalah membuang jauh-jauh pikiran negatif yang seringkali menempel di kepala. Sebab segala sesuatunya berawal dari bagaimana kita dalam berpikir, atau memandang segala sesuatunya dari sudut pandang yang seperti apa.

Jika kita selalu berpikiran negatif, maka semua yang kita lihat, kita dengar, seolah tidak ada yang baik dan benar. Semuanya terasa salah saja di mata kita, atau selalu merasa iri dengan orang lain. Inilah yang bisa menggerogoti pola pikiran sehat Anda.

Dan bukan tak mungkin, pikiran yang selalu negatif itu akan menggerogoti keuangan Anda. Bagaimana tidak?

Sebagai contoh, ada seorang rekan yang membeli barang bermerek dan mahal. Nah, karena merasa iri, akhirnya juga ikut membeli barang serupa atau lebih mahal karena ada keinginan untuk menyaingi. Bila ini yang terjadi, maka sudah pasti akan membuat kantong “sakit”, bukan? Apalagi bila ternyata keuangan hanya pas-pasan saja.

Baca juga: 4 Cara Mudah Menikmati Gaya Hidup Tanpa Menjebol Isi Dompet

Untuk itu buang jauh-jauh pikiran negatif, bila Anda tak ingin hidup menjadi berantakan dan keuangan juga kacau. Bukannya bahagia, yang ada hanya perasaan tertekan dan stres berkepanjangan.

Satu hal lagi, bila Anda selalu berpikir negatif, maka lama-lama orang lain juga akan enggan berteman dengan Anda.

2.  Selalu berpikir positif

Ilustrasi pikiran manusiaDierk Schaefer/Flickr Ilustrasi pikiran manusia
Gaya hidup sehat bukanlah melulu tentang pola makan ataupun kebiasaan berolahraga. Berpikir positif juga bisa dikatakan salah satu bentuk gaya hidup sehat. Berpikir positif dipercaya mampu membuat perubahan besar dalam hidup.

Sikap yang positif akan membantu Anda dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. Jangan sepelekan kekuatan dari berpikir dan bersikap positif. Ada banyak manfaat yang dapat Anda peroleh jika Anda berpikir positif, seperti menjadi lebih percaya diri, meningkatkan fokus, mengatasi stres, dan bisa mengambil keputusan yang benar.

Maka tak heran jika banyak orang yang mengatakan bahwa orang yang berpikir positif cenderung lebih sukses dalam hidup. Jika Anda menjalani bentuk gaya hidup sehat ini, Anda tentunya akan lebih sukses dalam karier dan juga lebih cerdas dalam bertindak sehari-hari, tidak terkecuali dalam hal mengelola keuangan.

3. Biasakanlah menciptakan hidup yang lebih bahagia

ilustrasi bahagia ilustrasi bahagia
Pola hidup tidak sehat secara tidak sadar akan membuat Anda memiliki kebiasaan buruk, seperti kurang tidur juga menjadi mudah stres. Hal umum yang kebanyakan orang lakukan untuk meredam stres adalah mengonsumsi makanan dan minuman yang mereka percaya mampu meredamnya, seperti cokelat, kopi, bahkan rokok, hingga minuman beralkohol.

Percayalah, jika kebiasaan ini dibiarkan terus, bukan hanya kantong Anda yang terkuras, namun juga kesehatan Anda yang menjadi korban. Maka, sebaiknya tinggalkan kebiasaan buruk seperti itu dan mulai terapkan gaya hidup sehat.

Dengan begitu, Anda akan menjadi lebih bahagia, bugar, dan tenang. Seiring dengan itu, keuangan Anda akan lebih terkendali dengan mengurangi pengeluaran untuk hal-hal yang bisa merusak tubuh Anda.

4.  Konsumsilah makanan sehat

Ilustrasi makanan sehatkarandaev Ilustrasi makanan sehat
Makan sehat tidak selalu identik dengan biaya yang mahal, seperti banyak anggapan selama ini. Pun demikian, kenyataannya juga justru banyak sekali makanan yang bisa dibilang kurang atau bahkan tidak sehat memiliki harga mahal.

Pernahkah Anda berpikir sebelumnya, berapa banyak uang yang Anda keluarkan untuk membeli berbagai makanan cepat saji ataupun junk food dalam setahun? Tidak bisa dimungkiri, uang yang Anda keluarkan untuk membeli berbagai makanan olahan tersebut lebih besar dibandingkan jika Anda mengonsumsi makanan sehat.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk makan sehat sekaligus hemat adalah dengan memasak makanan Anda sendiri. Masakan sendiri akan lebih terjamin kebersihannya, sesuai kebutuhan, juga lebih ekonomis.

Jalankan gaya hidup sehat juga pada jajanan Anda. Gantilah bujet jajan dengan membeli buah-buahan. Tidak ada salahnya juga Anda mulai membiasakan diri membawa bekal ke kantor. Menjalani gaya hidup sehat juga akan menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit, Anda lebih bugar, kantong pun tebal!

5.  Memanfaatkan bahan alami

Salah satu ciri orang yang sudah menjadikan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari adalah memanfaatkan bahan-bahan alami. Orang dengan gaya hidup sehat akan lebih memilih bahan-bahan alami untuk menggantikan produk yang biasa mereka dapatkan di toko.

Anda bisa memulai gaya hidup sehat dengan menerapkan hal ini. Anda bisa memulai dengan memanfaatkan bahan alami untuk membuat produk-produk kecantikan juga kebersihan, hingga makanan.

Misalnya, memanfaatkan kulit buah-buahan untuk dijadikan pembersih lantai dan pembersih alat makan. Anda juga bisa memanfaatkan berbagai buah seperti wortel dan mentimun menjadi masker wajah.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan lidah buaya untuk membuat sampo. Selain lebih sehat, dengan menerapkan gaya hidup ini Anda dapat menghemat pengeluaran karena lebih murah dibandingkan produk-produk yang ada di toko. Ataupun menggunakan bumbu asli dari rempah segar sebagai pengganti bumbu masak instan.

Terapkan pola hidup sehat secara perlahan namun pasti

Kini Anda telah mengetahui lima alasan mengapa gaya hidup sehat dapat menjadikan hidup Anda lebih hemat. Tentunya, menjalankan gaya hidup sehat tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Akan tetapi, jika sudah menjadi kebiasaan, tentunya akan membuat Anda sehat, teratur, juga lebih hemat.

Usahakan untuk mulai menerapkan gaya hidup secara perlahan-lahan dan konsisten, maka Anda akan lebih mudah membiasakan diri dan tidak kesulitan lagi menerapkannya.

Baca juga: Gaya Hidup Minimalis yang Menggemukkan Isi Dompet



Close Ads X