PLN Listriki 13 Desa di Natuna

Kompas.com - 29/05/2018, 18:45 WIB
Peresmian program Natuna Terang, Sabtu (29/5/2018) KOMPAS.com/ Bambang Priyo JatmikoPeresmian program Natuna Terang, Sabtu (29/5/2018)

NATUNA, KOMPAS.com - PT PLN melistriki 13 desa di Kepulauan Natuna, Provinsi Riau dalam program Natuna Terang.

Acara tersebut dipusatkan di Desa Tanjung Batang, Pulau Sabang Mawang Kabupaten Natuna, Selasa (29/5/2018).

Direktur Regional Sumatera PLN Wiluyo Kusdwiharto mengatakan program ini digelar dalam rangka untuk memasok listrik di pulau-pulau terdepan, terluar, dan tertinggal yang ada di Provinsi Kepulauan Riau.

"Agar industri bisa berkembang serta untuk tingkatkan perekonomian," ujarnya.

Dalam program Natuna Terang ini, PLN melistriki  13 desa di Kabupaten Natuna, yakni Desa Pulau Tiga, Tanjung Kumbik Utara, Setumuk.

Lainnya adalah Desa Selading, Sabang Mawang Barat, Tanjung Batang, Kadur, Tanjung Pala, Meliah, Terayak, Meliah Selatan, Subi Besar dan Subi Timur.

Selain itu, pada program ini PLN juga meningkatkan jam nyala listrik menjadi 24 jam penuh di 6 lokasi yang ada di Kab Natuna, yakni Desa Pulau Laut, Serasan, Midai, Subi, Klarik dan Pulau Tiga/Sabang Mawang.

Untuk melistriki desa-desa tersebut, PLN menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD).

Wiluyo menuturkan, PLTD menjadi solusi paling cepat untuk memasok listrik di wilayah-wilayah yang tidak bisa dilayani oleh jaringan PLN yang ada.

Program Natuna Terang merupakan bagian dari program Listrik Desa yang digagas oleh pemerintah.

Saat ini di Natuna terdapat 76 desa, dan dari jumlah itu terdapat 69 desa yang telah berlistrik. Adapun rasio elektrifikasi deaa berlistrik mencapai 90 persen.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X