PT Pegadaian vs Pusat Gadai, Mana yang Bunganya Lebih Rendah?

Kompas.com - 30/05/2018, 07:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pegadaian Persero dan perusahaan gadai swasta cukup bersaing dari segi penawaran harga maupun kemudahan yang diberikan. Pilihan ada di tangan masing-masing nasabah, di mana mereka lebih nyaman menggadaikan barang.

Kali ini, Kompas.com membandingkan besaran bunga antara Pegadaian Persero dengan Pusat Gadai Indonesia.

Diketahui, Pusat Gadai merupakan salah satu perusahaan gadai swasta yang telah mengantongi izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pegadaian

Untuk barang-barang elektronik, emas, maupun kendaraan bermotor, PT Pegadaian mengenakan bunga 1 persen untuk tenor gadai 15 hari. Sementara untuk tenor 1 bulan dikenakan bunga 2 persen.

Untuk tenor, PT Pegadaian memberi waktu 1-2 bulan untuk menebus barang elektronik. Sementara barang di luar elektronik bisa ditebus maksimal empat bulan. 

Pusat Gadai Indonesia

Pusat Gadai Indonesia mengenakan bunga sebesar 2 persen untuk tenor 2 minggu. Jangka waktu penebusan barang di Pusat Gadai maksimal satu bulan dengan bunga 10 persen. Jika dalam satu bulan belum bisa menebus, maka nasabah bisa memperpanjang masa gadai dengan dikenakan bunga 11 persen per bulan untuk selanjutnya.

Sedangkan tenor gadai, Pusat Gadai minimal 1 bulan dan maksimal 2 bulan. Meski begitu, nasabah tetap bisa memperpanjang waktu gadai dengan bunga lebih tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.