Menhub: Pesawat Masih akan Jadi PIlihan Favorit Moda Transportasi Mudik

Kompas.com - 30/05/2018, 15:46 WIB


MADIUN, KOMPAS.com
—Moda transportasi pesawat diperkirakan masih menjadi pilihan favorit untuk mudik Lebaran pada tahun ini. Penggunaan moda lain diperkirakan juga naik tetapi tak banyak.

"Moda transportasi udara paling favorit. Untuk itu kami berikan kesempatan tambah slot dan jam operasi," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di sela kunjungan ke PT Industri Kereta Api, Madiun, Jawa Timur, Selasa ( 29/5/2018).

Tak hanya beri tambahan slot dan jam operasi, Budi juga berjanji memperbaiki sistem keamanan yang ada di bandara. Namun, dia tak merinci lebih lanjut soal tambahan slot dan jam operasi tersebut.

Baca juga: Antisipasi Ganti Ban, Siapkan Barang-barang Ini di Mobil saat Mudik

Adapun untuk moda transportasi lainnya, Budi memprediksikan jumlah pemudik yang menggunakan jasa kereta api mengalami kenaikkan tetapi diperkirakan hanya lima persen. Adapun jumlah pemudik yang memakai transportasi laut tidak mengalami kenaikkan.

"Untuk itu kami memberikan mudik gratis menggunakan kapal laut," tutur Budi.

Menyoal kesiapan angkutan darat, kata Budi, dia bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan mengecek kesiapan angkutan darat dan sarana jalan pada Selasa ( 5/6/2018).

Baca juga: Menhub: Mudik Jangan Mepet Lebaran...

Budi pun kembali mengingatkan pemudik untuk tidak hanya mengandalkan jalan tol sebagai pilihan rute. Kondisi jalan pantura, kata dia, sudah bagus.

"Saya sudah cek dengan touring sampai Surabaya," ungkap Budi.

Budi juga berharap pemudik yang hendak menuju kampung halaman tidak mengambil waktu mepet menjelang Lebaran. Dia pun meminta kondisi dan rem kendaraan bagi pemudik yang memakai kendaraan pribadi dipastikan prima, diperiksa sebelum perjalanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.