Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: Pesawat Masih akan Jadi PIlihan Favorit Moda Transportasi Mudik

Kompas.com - 30/05/2018, 15:46 WIB
Muhlis Al Alawi,
Palupi Annisa Auliani

Tim Redaksi


MADIUN, KOMPAS.com
—Moda transportasi pesawat diperkirakan masih menjadi pilihan favorit untuk mudik Lebaran pada tahun ini. Penggunaan moda lain diperkirakan juga naik tetapi tak banyak.

"Moda transportasi udara paling favorit. Untuk itu kami berikan kesempatan tambah slot dan jam operasi," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di sela kunjungan ke PT Industri Kereta Api, Madiun, Jawa Timur, Selasa ( 29/5/2018).

Tak hanya beri tambahan slot dan jam operasi, Budi juga berjanji memperbaiki sistem keamanan yang ada di bandara. Namun, dia tak merinci lebih lanjut soal tambahan slot dan jam operasi tersebut.

Baca juga: Antisipasi Ganti Ban, Siapkan Barang-barang Ini di Mobil saat Mudik

Adapun untuk moda transportasi lainnya, Budi memprediksikan jumlah pemudik yang menggunakan jasa kereta api mengalami kenaikkan tetapi diperkirakan hanya lima persen. Adapun jumlah pemudik yang memakai transportasi laut tidak mengalami kenaikkan.

"Untuk itu kami memberikan mudik gratis menggunakan kapal laut," tutur Budi.

Menyoal kesiapan angkutan darat, kata Budi, dia bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan mengecek kesiapan angkutan darat dan sarana jalan pada Selasa ( 5/6/2018).

Baca juga: Menhub: Mudik Jangan Mepet Lebaran...

Budi pun kembali mengingatkan pemudik untuk tidak hanya mengandalkan jalan tol sebagai pilihan rute. Kondisi jalan pantura, kata dia, sudah bagus.

"Saya sudah cek dengan touring sampai Surabaya," ungkap Budi.

Budi juga berharap pemudik yang hendak menuju kampung halaman tidak mengambil waktu mepet menjelang Lebaran. Dia pun meminta kondisi dan rem kendaraan bagi pemudik yang memakai kendaraan pribadi dipastikan prima, diperiksa sebelum perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com