Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesiapan Pertamina Amankan Mudik Lebaran 2018

Kompas.com - 31/05/2018, 07:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

TEGAL, KOMPAS.com - Pemerintah bersiap menyambut arus mudik Lebaran 2018. Salah satu kesiapan itu ditunjukkan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Pertamina (Persero).

Jelang arus mudik yang diprediksi dimulai sejak H-7 Lebaran, Pertamina telah siap menerjunkan 200 unit motor satgas bahan bakar minyak (BBM) untuk berkeliling menjajakan BBM jenis Pertamax di jalan tol.

Satgas BBM bermotor itu mulai bersiaga sejak 6 Juni 2018 atau mulai H-9 Lebaran di sepanjang jalan tol di Jawa.

"Jadi total yang kami siapkan di marketing operation region atau MOR IV itu motoris ada 200 unit dan mulai tanggal 6 Juni sudah go live," kata Field Marketing Pertamina MOR IV Karesidenan Pekalongan Fachrizal Imaduddin di SPBU MURI Tegal, Jawa Tengah, Rabu (30/5/2018).

Baca: Pertamina Tak Batasi Pembelian BBM di KiosK Pertamax, tetapi...

Adapun pembagian distribusi 200 unit motor itu adalah sebanyak 125 unit di Jalur Pantura dan 75 sisanya di Jalur Selatan.

"Kemudian untuk khusus lagi, dari 125 titik di jalur utara itu ada jalur tol kan, dipecah lagi di masing kios di jalur tol itu ada 4 motoris di tiap rest areanya," jelas Fachrizal.

Masing-masing unit motoris itu akan dibekali 30 liter BBM jenis Pertamax dalam kemasan 10 liter, dan akan beroperasi ketika kemacetan terjadi di jalan tol.

Sementara itu, untuk harga Pertamax yang dibawa satgas BBM bermotor itu tidak akan berbeda dengan harga di SPBU.

"Harga harus kami samakan yang ada di jalur tol dan di SPBU. Semua enggak boleh ada perbedaan harganya. Untuk stabilisasi," imbuh Fachrizal.

Dengan demikian, jika harga Pertamax per liter saat ini Rp 8.900, maka konsumen harus merogoh kocek hingga Rp 89.000 untuk membeli Pertamax dalam kemasan yang dibawa satgas BBM bermotor

Operasikan KiosK Pertamax

Tak hanya satgas BBM bermotor, Pertamina juga turut mengoperasionalkan kios-kios BBM dengan nama KiosK Pertamax. Pertamina menyiagakan 60 titik KiosK Pertamax yang tersebar di Jawa dan Sumatera.

Rinciannya, 54 titik di Pulau Jawa dan 6 titik di Sumatera. KiosK Pertamax ini menjadi salah satu alternatif bagi para pemudik untuk mendapatkan BBM selain di SPBU.

KiosK Pertamax akan beroperasi mulai H-15 arus mudik Idul Fitri 2018 dan hanya menyediakan BBM jenis Pertamax untuk bahan bakar bensin dan Pertamina Dex untuk bahan bakar diesel.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com