Kurma dan Gorengan, Camilan Buka Puasa yang Paling Banyak Diperbincangkan di Medsos

Kompas.com - 31/05/2018, 21:02 WIB
Jenis kurma sukari yang tersedia hanya di waktu-waktu tertentu, dan disebut-sebut kurma terenak yang masuk Indonesia, di Pasar Tanah Abang Blok B, Rabu (23/5/2018). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAJenis kurma sukari yang tersedia hanya di waktu-waktu tertentu, dan disebut-sebut kurma terenak yang masuk Indonesia, di Pasar Tanah Abang Blok B, Rabu (23/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Isentia, perusahaan analisis media membuat riset terkait hal-hal yang populer saat bulan Ramadhan. Salah satunya yakni makanan yang populer sebagai menu berbuka puasa.

Berdasarkan hasil pemantauan Isentia, kurma merupakan camilan berbuka puasa yang paling banyak disebutkan di media sosial.

"Kita monitor percakapannya, kita bisa lihat kurma paling banyak dibicarakan di sosmed. Kemudian gorengan," ujar Rendy Ezra, Insight Manager Isentia di Jakarta, Kamis (31/5/2018).

Dari 91.614 percakapan di berbagai media sosial, sebanyak 41 persen pengguna media sosial memperbincangkan kurma. Selebihnya, sebanyak 37 persen memperbincangkan gorengan, 17 persen memperbincangkan kolak, dan 5 persen memperbincangkan lontong.

Baca juga: Oleh-oleh Buah dari Luar Negeri Disita Karantina, Kenapa Kurma Tidak?

Adapun platform media sosial yang dijadikan preferensi yakni Facebook sebanyak 7,2 persen, Twitter sebesar 68,5 persen, 5,4 persen dari Instagram, dan selebihnya sebesar 18,7 persen dari berbagai forum online.

Rentang waktu pemantauan media sosial mulai dari 1 Januari hingga 16 Mei 2018.

Rendy mengatakan, kurma paling banyak diperbincangkan dalam berbagai topik. Ada akun media sosial yang menyebutkan berbagai manfaat kurma. Ada pula akun personal yang "ngetweet" kesehariannya mengkonsumsi kurma.

"Kalau hari biasa mungkin kurma tidak sepopuler pas Ramadhan," kata Rendy.

Kompas TV Jika anda berkunjung ke Uni Emirat Arab silakan berkunjung di Sharja Center Mall.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X