Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Medsos, Mobil Jadi Moda Transportasi yang Banyak Disebut untuk Mudik

Kompas.com - 01/06/2018, 06:10 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Moda transportasi darat menggunakan mobil tercatat paling populer untuk perjalanan mudik Lebaran.

Hal tersebut berdasarkan hasil monitoring Isentia, perusahaan analisis media yang memantau perbincangan di berbagai media sosial periode 1 Januari hingga 16 Mei 2018.

"Mudik traffic moda transportasi yang populer oleh netizen ternyata yang paling sering dibicarakan mudik pakai mobil," Rendy Ezra, Insight Manager Isentia di Jakarta, Kamis (31/5/2018).

Dari 91.614 percakapan di berbagai media sosial, sebanyak 37 persen pengguna media sosial memperbincangkan mobil sebagai moda transportasi mudik.

Kemudian, disusul dengan perbincangan mudik dengan kereta sebesar 19 persen, dengan motor sebesar 17 persen, perbincangan soal mudik dengan bus sebesar 11 persen, dengan kapal sebesar 8 persen, dan pesawat terbang sebesar 7 persen.

"Kebanyakan mobil karena belakangan muncul isu PNS boleh menggunakan mobil dinas. Ini cukup dongkrak popularitas mobil sebagai sarana transport mudik," kata Rendy.

Selain itu, kata Rendy, banyak tawaran mudik gratis menggunakan mobil. Temuan investigatif analisis media tersebut bisa dijadikan bahan bagi perusahaan untuk program CSR. Ia mencontohkan program mudik gratis PT Kereta Api Indonesia yang melihat tingginya animo masyarakat untuk mudik dengan kereta.

"Temuan ini bisa dijadikan sebagai acuan, khususnya bagi company untuk melakukan sebuah acara atau tema kegiatan mereka di bulan Ramadhan," kata Rendy.

Adapun platform media sosial yang dijadikan preferensi yakni Facebook sebanyak 7,2 persen, Twitter sebesar 68,5 persen, 5,4 persen dari Instagram, dan selebihnya sebesar 18,7 persen dari berbagai forum online.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com