Menhub Prediksi Pemudik Naik Motor Meningkat 30 Persen

Kompas.com - 01/06/2018, 17:17 WIB
Penulis Mutia Fauzia
|

TANGERANG, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan jumlah pengguna kendaraan bermotor saat mudik Lebaran 2018 melonjak hingga 30 persen.

Sementara itu, untuk pengguna kendaraan pribadi secara keseluruhan diprediksi meningkat 16 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Kalau didasarkan pada tahun lalu, kendaraan pribadi akan naik 16 persen, juga motor tumbuhnya di atas 30 persen," ujar Menhub ketika ditemui Kompas.com selepas acara peluncuran e-money Paytren di Tangerang, Jumat (1/6/2018).

Menhub mengatakan, Kementerian Perhubungan telah melakukan langkah-langkah seperti mobilisasi dengan menggunakan angkutan umum, anjuran untuk melakukan perjalanan di jalan nasional, serta memulai perjalanan mudik sebelum H-2 atau H-3 Lebaran sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi saat Lebaran.

"Dengan adanya anjuran-anjuran ini saya harap jumlahnya (pengguna kendaraan pribadi dan motor) bisa turun," tambah dia.

Selain itu, pada tanggal 5 Mei 2018, Menhub bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akan mengunjung Tol Cipali untuk memantau persiapan Lebaran.

"Yang akan kita pantau, satu kualitas jalannya sendiri. Yang kedua kelengkapan-kelengkapannya, termasuk kelengkapan rest area, yang lain flow keluar masuk jalan tol," jelas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.