Jelang Mudik, Pertamina Siapkan Pembelian BBM "Self Service" Non-tunai

Kompas.com - 02/06/2018, 13:29 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meninjau kesiapan pasokan BBM di SPBU rest area Karawang, Sabtu (2/6/2018). KOMPAS.com/AMBARANIE NADIAMenteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meninjau kesiapan pasokan BBM di SPBU rest area Karawang, Sabtu (2/6/2018).


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina Persero menyiapkan sejumlah SPBU dengan metode pelayanan mandiri (self service) menjelang mudik Lebaran dengan metode pembayaran non-tunai (cashless) atau non-tunai.

Ada pun aplikasi yang menunjang pembayaran self service itu yakni T-cash milik Telkomsel.

Salah satu SPBU yang menerapkan pelayanan mandiri di rest area atau tempat istirahat kilometer 57, Cikampek, Jawa Barat.

(Baca: Langkah Pertamina Hadapi Musim Mudik Lebaran 2018)

Direktur Pemasaran Retail Pertamina, Mas’ud Khamid, mengatakan aplikasi digital di SPBU sangat mendukung proses transaksi jaman sekarang.

"Konsumen bisa mempercepat transaksinya di SPBU dan berdampak pada berkurangnya antrian kendaraan," ujar Mas'ud di Rest Area kilometer 57, Cikampek, Sabtu (2/6/2018).

Menurut dia, pembayaran non-tunai ini bisa dilakukan relatif singkat hingga hitungan detik. Selain itu, konsumen yang menggunakan T-cash untuk membeli produk Pertamax mendapat cashback sebesar 10 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Layanan T-cash kami hadirkan dalam upaya mempercepat pengembangan konsep smart payment sekaligus merupakan wujud dukungan dalam membangun gerakan nasional non-tunai yang dicanangkan pemerintah,” kata Mas’ud.

(Baca: Pertamina Kembangkan Program Non-tunai Pembelian BBM di SPBU)

Saat ini, layanan cashless melalui T-Cash sudah tersedia pada 57 SPBU di Indonesia. Sedangkan, SPBU self service dapat ditemui di 65 SPBU.

Menteri ESDM, Ignatius Jonan, meninjau langsung penerapan self service dengan pembayaran non-tunai di SPBU Pertamina itu.

"Dengan proses seperti ini komplain yang katanya operatornya "cetek-cetek" (memainkan nozzle), kembalian kurang, itu berkurang," ujar Marketing Branch Manager Pertamina Jawa Barat, Mohamad Resa, saat memberi penjelasan kepada Jonan.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.