Jangkau Masyarakat yang Jauh dari SPBU, Pertamina Buat Pertashop

Kompas.com - 04/06/2018, 04:07 WIB
Pengisian Pertalite dengan Nozzel putih. Stanly/OtomaniaPengisian Pertalite dengan Nozzel putih.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) membuat Pertashop untuk memudahkan distribusi Pertalite ke masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari SPBU.

Plt Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyatakan, masyarakat di beberapa wilayah yang jauh dari SPBU justru kerap menghabiskan beberapa liter BBM hanya untuk pergi ke SPBU terdekat.

"Jadi untuk beli bensin saja itu pulang pergi ada warga yang habis 1 liter. Artinya kan kalau tangki motor 4 liter, itu 25 persennya kan habis hanya untuk beli bensin saja," terang Nicke, Minggu (3/6/2018).

Untuk harganya, Nicke memastikan tidak akan berbeda dengan SPBU. Namun, produk BBM yang dijual di Pertashop ini baru sebatas Pertalite.

Baca juga: Pertamina Tegaskan Kabar Kenaikan Harga Pertalite adalah Hoaks

Dipilihnya Pertalite tak terlepas dari target market pengendara motor yang disasar oleh Pertamina. Saat ini, motor memang paling banyak mengonsumsi BBM jenis Pertalite.

"Itu kan tahap awal, nanti di sana karena kan namanya shop ya makanya juga akan jual nanti elpiji, oli kemasan, dan akan terus bertmbah jumlah produknya," kata Nicke.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk saat ini, Pertashop telah ada di beberapa wilayah seperti Sidoarjo, Garut, dan Pati. Beberapa di antaranya ditempatkan Pertamina di wilayah pesantren.

"Nantinya ini juga bisa koperasi atau apa. Karena kan kita juga ingin menumbuhkan perekonomian daerah, melibatkan masyarakat, jadi dari masyarakat untuk masyarakat," ucap Nicke.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.