Luhut: Karyawan Garuda Sepakat Tidak Ada Mogok Kerja

Kompas.com - 04/06/2018, 16:38 WIB
Pesawat Airbus A330-200 dipilih untuk melayani rute terbaru Denpasar-Mumbai, yang baru dibuka, Senin (23/4/2018). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAPesawat Airbus A330-200 dipilih untuk melayani rute terbaru Denpasar-Mumbai, yang baru dibuka, Senin (23/4/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan karyawan Garuda Indonesia sepakat tidak melakukan mogok kerja.

Luhut memastikan operasional penerbangan Garuda Indonesia tetap berjalan normal. Sementara itu, karyawan dan manajemen menjadwalkan janji temu untuk menyelesaikan masalah di antara mereka. 

"Kalau ada masukan yang bisa bikin bagus, kan enggak ada masalah. Tapi jangan mogok-mogoklah, dan mereka mau," kata Luhut, Senin (4/6/2018).

(Baca: Pilot dan Karyawan Garuda Tak Mogok Saat Libur Lebaran 2018)

Pertemuan antara karyawan dengan manajemen Garuda Indonesia dilakukan untuk mencocokkan pandangan dan meluruskan masalah yang selama ini dikeluhkan para karyawan melalui asosiasi.

Luhut mengimbau kedua belah pihak agar mengedepankan komunikasi. Ia pun meminta tidak ada mogok kerja agar konsumen tetap bisa mendapatkan haknya.

"Semua sepakat jangan ada mogok. Ini kan bulan yang suci, masa dinodai dengan hal seperti itu? Mereka sepakat sepanjang didengarin, ya sudah didengarin. Nanti kami mau ketemu," kata Luhut.

Ancaman mogok kerja dari karyawan Garuda Indonesia, terutama yang disampaikan oleh Asosiasi Pilot Garuda Indonesia (APG), sudah sejak lama diungkapkan dan disampaikan kembali pada awal Mei 2018.

(Baca: Ini 2 Langkah Garuda Jika Para Pilot Lakukan Aksi Mogok)

Berbagai kebijakan perusahaan yang dianggap tidak sesuai dengan cara kerja mereka di industri penerbangan menjadi pemicu aksi mogok kerja. 

APG juga mengeluhkan efisiensi yang dilakukan perusahaan, sedangkan manajemen justru menambah jumlah direksi.

Persoalan lainnya, pejabat Garuda Indonesia saat ini dinilai tidak memahami dunia penerbangan dengan baik karena berlatar belakang industri perbankan. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X