Antisipasi Kenaikan Harga Sebabkan Inflasi Terkendali Jelang Lebaran

Kompas.com - 04/06/2018, 20:34 WIB
Tumpukan beras untuk memenuhi kebutuhan warga selama bulan puasa dan lebaran di Gudang Beras Cipinang, Rabu (16/5/2018). KOMPAS.com/JESSI CARINA Tumpukan beras untuk memenuhi kebutuhan warga selama bulan puasa dan lebaran di Gudang Beras Cipinang, Rabu (16/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan, inflasi Mei 2018 yang sebesar 0,21 persen sesuai dengan sasaran pemerintah dan dinilai sudah terkendali.

Inflasi tersebut lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yaitu Mei 2017 sebesar 0,39 persen di mana kondisinya sama-sama satu bulan sebelum Lebaran.

"Rule-nya sederhana, kalau satu bulan itu inflasinya di bawah 0,3 persen, good, karena nanti setahun paling tinggi 3,6 persen. Inflasi itu dikalikan di bulan-bulannya, kalau 12 dikali 0,3 persen, itu masuk dalam rencana pemerintah," kata Darmin usai acara buka puasa bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) di Hotel Raffles, Senin (4/6/2018).

Inflasi Mei 2018 sebesar 0,21 persen itu telah mencerminkan upaya pemerintah yang melakukan stabilisasi harga pangan, terutama beras, sejak awal tahun.

(Baca: Inflasi Mei Capai 0,21 Persen)

Menurut Darmin, inflasi yang lebih rendah meski dalam suasana menjelang Hari Raya Idul Fitri ini bisa tercapai karena pemerintah telah mengantisipasi harga komoditas yang diperkirakan memang akan naik, seperti beras.

"Itu berarti pemerintah makin bisa mengendalikannya, karena dia (beras) keduluan naik di awal (tahun), sehingga pemerintah kemudian terpicu untuk mengendalikannya," ujar dia. 

Harga komoditas

Meski harga beras sudah terkendali, Darmin mengingatkan agar pemerintah tetap mewaspadai harga daging ayam yang mengalami kenaikan dan tiket pesawat yang diprediksi akan naik mendekati Lebaran.

Ia menegaskan, pemerintah akan terus memantau implementasi penurunan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras yang ditetapkan Kementerian Perdagangan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X