Kadin Imbau Pengusaha Segera Berikan THR untuk Karyawan

Kompas.com - 04/06/2018, 20:47 WIB

JAKARTAKOMPAS.com - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Rosan Perkasa Roeslani, mengimbau seluruh anggota Kadin dan pengusaha pada umumnya segera memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi karyawan atau pekerja.

Dia bahkan meminta agar THR bisa dicairkan dua pekan sebelum Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada 15 Juni 2018.

"Kalau di Kadin kami mengimbau malah antara 1 sampai 2 minggu sudah minta dibayarkan THR-nya," kata Rosan saat ditemui di Hotel Raffles, Senin (4/6/2018).

Menurut dia, THR perlu segera dicairkan agar para pekerja bisa menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan Lebaran, seperti tiket transportasi untuk mudik.

(Baca: Kemenaker Buka Posko Aduan Terkait THR)

Meski sudah ada imbauan tersebut, Rosan masih menemukan pengusaha yang belum bisa menyanggupi hal tersebut.

Ia mengatakan, ada pengusaha yang meminta agar THR bisa diberikan 10 hari atau satu minggu sebelum Lebaran 2018 tiba.

"Alhamdulillah rata-rata mereka bilang akan usahakan untuk 2 minggu. So far saya enggak dengar laporan enggak ada yang enggak bisa bayar THR, dari yang saya dengar ya, yang pengusaha ngomong ke saya," tutur Rosan.

Baca: Menaker: THR Dibayarkan Paling Lambat Seminggu Sebelum Lebaran

Sementara itu, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2018 tentang pemberian THR untuk aparatur sipil negara (ASN), yang terdiri atas Pegawai Negeri Sipil (PNS), prajurit TNI, anggota Polri, dan pensiunan.

THR bagi ASN ditetapkan untuk diberikan pada akhir Mei dan awal Juni 2018.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.