Kemenperin: Polytron Bisa Jadi Samsungnya Indonesia

Kompas.com - 04/06/2018, 21:19 WIB
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengunjungi pabrik PT Hartono Instana Teknologi, pemilik merek dagang Polytron, di Kudus, Senin, (4/6/2018). Dalam lawatan tersebut, Dirjen ILMATE Kemenperin Harjanto mengatakan Polytron dapat menjadi Samsungnya Indonesia. KOMPAS.com/Mutia FauziaMenteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengunjungi pabrik PT Hartono Instana Teknologi, pemilik merek dagang Polytron, di Kudus, Senin, (4/6/2018). Dalam lawatan tersebut, Dirjen ILMATE Kemenperin Harjanto mengatakan Polytron dapat menjadi Samsungnya Indonesia.
Penulis Mutia Fauzia
|

KUDUS, KOMPAS.com - Dapat bertahan di tengah ketatnya kompetisi di pasar industri elektronik membuat PT Hartono Instana Teknologi, produsen merek lokal Polytron digadang-gadang dapat menjadi "Samsungnya Indonesia."

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian Harjanto mengatakan, Polytron berbeda dengan kompotitornya sesama produsen barang elektronik, karena desain dan inovasi yang dihasilkan berasal dari ide-ide yang dikepalai oleh divisi Research and Development (R&D) yang mereka miliki sendiri.

"Desain mereka banyak dikerjakan mereka sendiri. Ini yang membuat kita optimis Polytron suatu saat bisa jadi Samsungnya Indonesia. Kita akan dorong terus," ujar Harjanto usai mengunjungi salah satu pabrik Polytron di Kudus bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Senin (4/6/2018).

(Baca: Kembangkan Inovasi, Polytron Berhak Atas Pengurangan Pajak)

Senada dengan pernyataan Harjanto, Direktur Utama Polytron Hariyono mengatakan, pengembangan dan inovasi produk yang dilakukan melalui R&D yang membuat Polytron masih tetap eksis dan menguasai pangsa pasar elektronik di Indonesia.

"Inovasi kita lakukan tidak hanya jahit (merakit produk) saja. Kita eksis karena itu, kita mulai di era 80-an semua produk (elektronik) berasal dari Eropa tapi mereka semua mati diserang Jepang, dan kami masih bertahan. Sementara, saat ini Jepang mulai mati semua diserang Korea," ujarnya.

Sebagai informasi, Polytron dapat memroduksi alat video sebanyak 2 juta unit per tahun, alat audio 1,6 juta unit per tahun, dan mobile phone 3 juta unit per tahun.

Acara peluncuran Fira OS dari  PolytronPolytron Acara peluncuran Fira OS dari Polytron

Ada pun produksi speaker parts dalam satu tahun mencapai 19 juta unit, active speaker 850 ribu unit, lemari es 1,8 juta unit, dan air conditioner (AC) 100 ribu unit.

Selain itu, Polytron juga memroduksi 900 ribu unit mesin cuci per tahun, dispenser sebanyak 120 ribu unit per tahun, show case 300 ribu unit per tahun, dan rice cooker 300 ribu unit per tahun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X