Terminal Baru Segera Beroperasi, Bandara Ahmad Yani Lakukan Operasi Boyong

Kompas.com - 05/06/2018, 12:38 WIB
Terminal Baru Bandara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (1/6/2018). KOMPAS.com/RIDWAN AJI PITOKOTerminal Baru Bandara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (1/6/2018).

SEMARANG, KOMPAS.com - Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Semarang akan mulai beroperasi pada Rabu (6/6/2018) mendatang.

Sebagai tahap akhir persiapan sebelum pengoperasian, PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Internasional Ahmad Yani melakukan Operasi Boyong untuk memindahkan peralatan-peralatan operasional dari terminal existing ke terminal baru.

“Operasi Boyong ini dipastikan tidak akan mengganggu kegiatan operasional pada terminal lama karena fokus aktivitas pemindahan akan dilakukan pada malam hari menjelang operasional bandara tutup," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi melalui siaran pers yang diberikan kepada Kompas.com, Selasa (5/6/2018).

"Selesainya Operasi Boyong ini menandakan kesiapan Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang yang menjadi ikon baru kebanggaan masyarakat Semarang dan Jawa Tengah untuk dioperasikan dan diresmikan,” tambah dia.

Baca juga: Kejar Lebaran, Waskita Garap Lebih Cepat Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Semarang

Operasi Boyong rencananya dilakukan secara bertahap dimulai hari Selasa (5/6/2018) siang hari hingga Rabu (6/6/2018) dini hari.

Pada siang hari ini, akan mulai dipindahkan beberapa peralatan dan fasilitas pendukung ke terminal baru. Di saat bersamaan juga dilakukan pemeriksaan kondisi fasilitas di terminal baru oleh masing-masing unit yang bertanggung jawab terhadap fasilitas tersebut.

Adapun peralatan yang dipindahkan mencakup peralatan screening check point (SCP) 2 dan fasilitas di ruang tunggu domestik dan internasional. Peralatan lain yang dipindahkan yaitu trolley, x-ray, komputer kios, walk through metal detector (WTMD) atau alat pendeteksi metal, meja pemeriksaan SCP, peralatan perkantoran, dan lainnya.

Sebelumnya, pada Minggu (3/6/2018), telah dilakukan simulasi total pengoperasian Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Simulasi ini melibatkan 100 karyawan yang berperan sebagai penumpang. Selain itu, beberapa karyawan lain berperan sebagai petugas parkir, petugas aviation security, petugas customer service, petugas groundhandling, dan instansi terkait seperti bea cukai dan imigrasi.

Simulasi yang dilakukan dimulai dari kedatangan penumpang, penggunaan troli, check in, screening, dan lainnya.

“Kami harapkan doa dan dukungan masyarakat agar persiapan final ini dapat berjalan lancar sehingga ikon baru kebanggaan masyarakat Semarang dan Jawa Tengah ini dapat segera dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia,” sebut Faik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.