Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilot Mogok, Manajemen Garuda Harus Tentukan Rute Terdampak

Kompas.com - 05/06/2018, 20:23 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen Garuda Indonesia diminta segera mencari tahu rute yang terdampak rencana aksi mogok para pilot.

Hal itu mesti dilakukan manajemen Garuda Indonesia demi menjamin hak-hak konsumen.

"Karena itu penting supaya konsumen tidak dirugikan dan maskapai dari sekarang bisa mencari solusi bagi yang sudah beli tiket tapi penerbangannya bakal di-cancel," kata Pengamat penerbangan, Gerry Soejatman, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (5/6/2018).

(Baca: Luhut: Karyawan Garuda Sepakat Tidak Ada Mogok Kerja)

Gerry juga menyarankan agar para pilot yang berniat mogok kerja memberitahukan tipe pesawat dan rute mana yang akan mereka tinggalkan.

"Mereka sepertinya belum melakukan negosiasi dengan perusahaan soal tipe pesawat dan atau rute mana yang akan kena imbas dari mogok itu. Itu saya rasa belum dilakukan karena kata manajemen mereka diundang tapi enggak dateng terus, enggak ketemu," ujarnya.

Para pilot Garuda Indonesia seharusnya memberikan pernyataan pasti terkait waktu mogok kerja sehingga manajemen Garuda bisa mengantisipasi hal itu.

"Mereka bilang rencana mau mogok tapi sayangnya tanggalnya berubah-berubah terus sehingga konsumen enggak tahu kapan dan kalau itu diumumkan dekat waktu mogok ya itu salah," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com