Pilot Mogok, Manajemen Garuda Harus Tentukan Rute Terdampak

Kompas.com - 05/06/2018, 20:23 WIB
Staf teknisi perempuan Garuda Indonesia memeriksa bagian pesawat KOMPAS.com / Silvita AgmasariStaf teknisi perempuan Garuda Indonesia memeriksa bagian pesawat

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen Garuda Indonesia diminta segera mencari tahu rute yang terdampak rencana aksi mogok para pilot.

Hal itu mesti dilakukan manajemen Garuda Indonesia demi menjamin hak-hak konsumen.

"Karena itu penting supaya konsumen tidak dirugikan dan maskapai dari sekarang bisa mencari solusi bagi yang sudah beli tiket tapi penerbangannya bakal di-cancel," kata Pengamat penerbangan, Gerry Soejatman, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (5/6/2018).

(Baca: Luhut: Karyawan Garuda Sepakat Tidak Ada Mogok Kerja)

Gerry juga menyarankan agar para pilot yang berniat mogok kerja memberitahukan tipe pesawat dan rute mana yang akan mereka tinggalkan.

"Mereka sepertinya belum melakukan negosiasi dengan perusahaan soal tipe pesawat dan atau rute mana yang akan kena imbas dari mogok itu. Itu saya rasa belum dilakukan karena kata manajemen mereka diundang tapi enggak dateng terus, enggak ketemu," ujarnya.

Para pilot Garuda Indonesia seharusnya memberikan pernyataan pasti terkait waktu mogok kerja sehingga manajemen Garuda bisa mengantisipasi hal itu.

"Mereka bilang rencana mau mogok tapi sayangnya tanggalnya berubah-berubah terus sehingga konsumen enggak tahu kapan dan kalau itu diumumkan dekat waktu mogok ya itu salah," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X