Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pegadaian Siapkan 48 Gudang Untuk Simpan Barang Nasabah selama Mudik

Kompas.com - 06/06/2018, 08:30 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Pegadaian Persero Sunarso mengatakan, jelang mudik Lebaran, biasanya nasabah menggunakan jasa Pegadaian untuk menitipkan barang berharga. Mekanismenya sama saja dengan menggadai. Nasabah mendapat uang saat barang tersebut diserahkan ke Pegadaian.

"Jadi orang itu tidak semata-mata cari duit, tapi mengamankan barangnya dengan cara menggadaikan," ujar Sunarso di kompleks DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (5/6/2018).

Sunarso mengatakan, biasanya masa gadai hanya 15 hari. Setelahnya, penggadai kembali menebus barang tersebut setelah mudik. Pegadaian menyediakan 48 gudang terpadu untuk menyimpan barang-barang yang digadai.

"Gudang bisa menerima barang denfan ukuran besar mauoun barang berharga yang kecil-kecil," kata Sunarso.

Biasannya yang digadai umtuk dititipkan jelang mudik berupa kendaraan bermotor dan emas. Selama cuti bersama, kata Sunarso, kantor Pegadaian tak beroperasi.

"Makanya nitipnya sebelum libur Lebaran," kata dia.

Sunarso mengatakan, biasanya tren gadai akan turun sekitar lima persen menjelang Lebaran. Hal ini disebabkan nasabah mendapat tunjangan hari raya sehingga lebih banyak yang menebus barang ketimbang menggadai.

Penurunan tersebut merupakan hal yang biasa dan tak perlu dikhawatirkan. Sebab, biasanya setelah Lebaran, tren gadai kembali naik. Bahkan menutupi angka penurunan gadai sebelum Lebaran.

"Nanti biasanya bisa balik lagi 10 persen naiknya," kata Sunarso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com