Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Diprediksi Masih Bisa Menguat

Kompas.com - 06/06/2018, 08:57 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kemarin Selasa (5/6/2018) ditutup menguat 1,23 persen ke level 6.088,79.

Investor asing kembali mencatatkan pembelian bersih (net buy) setelah tiga hari sebelumnya selalu jual bersih di Bursa Efek Indonesia. Nilai beli bersihnya mencapai Rp 89,16 miliar.

Analis Artha Sekuritas Indonesia Juan Harahap menuturkan, penguatan IHSG kemarin didorong saham sektor berbasis pertambangan. Harga sejumlah komoditas energi, terutama batubara, memang dalam tren menguat.

Selain itu, saham sektor infrastruktur juga ikut mendorong naik IHSG. "Asumsi pemerintah terhadap sektor infrastruktur pada rapat dengan DPR hari ini (kemarin) menjadi sentimen positif bagi pasar modal," imbuh Juan, Selasa (5/6/2018).

Dia memprediksi, IHSG pada hari ini (6/6) berpotensi melanjutkan penguatan dan bergerak antara support 6.018 dan resistance 6.136. Secara teknikal, menurut Juan, indikator stochastic membentuk pola golden cross, yang merupakan sinyal tren bullish akan berlangsung.

"Tapi kami memperkirakan penguatan akan bersifat terbatas," tutur dia.

Sementara, analis Binaartha Parama Sekuritas Muhammad Nafan Aji memprediksi IHSG pada hari ini akan menguat. Indeks saham akan bergerak di rentang support 6.004,48–6.046,63 dan resistance 6.109,87–6.130,95.

"Indeks berpeluang ke level resistance, karena terlihat pola three inside up candlestick pattern yang mengindikasikan potensi bullish continuation, " ungkap Nafan. Sebanyak 10 analis yang disurvei Kontan menganalisa IHSG hari ini menguat. (M Sauqi Dzikri)

 


Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: IHSG diprediksi masih bisa menguat pada Rabu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com