Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AXA Mandiri Salurkan Dana Bagi Hasil Produk Syariah ke Baznas Rp 847 Juta

Kompas.com - 06/06/2018, 12:04 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) menyalurkan dana surplus underwriting atau bagi hasil atas penjualan produk asuransi syariah kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) senilai Rp 847 juta.

Director of In-Branch Channel AXA Mandiri Henky Oktavianus mengatakan, dana surplus underwriting merupakan selisih dari kontribusi para peserta asuransi syariah ke dalam Dana Tabbaru setelah dikurangi pembayaran santunan atau klaim kontribusi asuransi dan penyisihan teknis dalam satu periode tertentu.

“Kami bersyukur hingga saat ini masih dapat mewujudkan komitmen kami untuk menyalurkan sebagian dana surplus underwriting," ujar Henky melalui siaran pers, Rabu (6/6/2018).

Henky mengatakan, tahun ini dana disalurkan AXA Mandiri melalui Baznas sebesar Rp 847 juta. Jumlah tersebut meningkat 32 persen dari tahun 2017, yaitu Rp 642 juta. Kerja sama penyaluran dana surplus underwriting tersebut telah dijalin dengan Baznas sejak tahun 2012.

"Kami berharap, amanah nasabah yang kami sampaikan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas,” kata Henky.

Henky menambahkan, kerja sama tersebut dapat memberi dampak positif bagi pemenuhan kebutuhan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program-program yang dikelola Baznas.

Program tersebut di antaranya di bidang pendidikan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan, dan kemanusiaan. Dengan demikian, upaya memberdayakan masyarakat Indonesia untuk memiliki kualitas hidup lebih baik sesuai dengan tujuan perusahaan, yaitu "Empower All Indonesian To Live a Better Lives", dapat tercapai.

Selain itu, AXA Mandiri juga mencatatkan peningkatan pada jumlah polis asuransi syariah. Pada 2017, AXA Mandiri memberikan perlindungan asuransi syariah melalui lebih dari 59.000 polis asuransi.

Angka tersebut meningkat 80 persen dibandingkan tahun 2016, yakni lebih dari 32.000 polis. Sedangkan dari sisi pendapatan kontribusi, kata Henky, pada 2017, AXA Mandiri mencatatkan pendapatan kontribusi sebesar lebih dari Rp 46,7 miliar. Jumlah tersebut meningkat 12,8 persen dibandingkan tahun 2016 sebesar Rp 41,4 miliar.

Hengky mengatakan, peningkatan jumlah polis asuransi yang tercatat sepanjang 2017 bukan hanya menjadi pencapaian bagi perusahaan.

"Dengan bertambahnya jumlah polis, maka semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya perlindungan dan perencanaan keuangan masa depan," kata dia.

"Melalui polis asuransi tersebut tentunya semakin banyak masyarakat dan keluarga Indonesia yang terlindungi," lanjut Henky.

Sementara itu, Komisaris Baznas, Emmy Hamidiyah mengapresiasi komitmen AXA Mandiri menyalurkan dana surplus underwriting kepada BAZNAS demi kemaslahatan umat. Sebagian dana surplus underwriting ini juga akan digunakan untuk menyediakan 1.200 paket Ramadan Bahagia yang berisi bahan makanan untuk kebutuhan sehari-hari hingga hari raya.

Paket ini akan diserahkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui Yayasan Cerdas Mandiri, Masjid Raudhatul Falah, Palang Merah Indonesia Provinsi DKI Jakarta, serta kepada petugas kemanan dan kebersihan, serta masyarakat yang berada di lingkungan AXA Tower Kuningan.

"Kami mengharapkan kerja sama yang baik ini dapat terjalin secara berkelanjutan agar dapat menjadi contoh bagi perusahaan sektor swasta lain untuk melakukan kegiatan positif serupa," kata Emmy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com