PT DI Kirim Lima Pesawat Pesanan Filipina dan Vietnam - Kompas.com

PT DI Kirim Lima Pesawat Pesanan Filipina dan Vietnam

Kompas.com - 06/06/2018, 13:00 WIB
Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia, Elfien Goentoro di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Rabu (6/6/2018).KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia, Elfien Goentoro di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Rabu (6/6/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Dirgantara Indonesia tengah menyelesaikan pengiriman lima pesawat jenis NC-212 pesanan Filipina dan Vietnam medio hingga Juni 2018.

Dari lima unit tersebut, tiga unit dikirim ke Vietnam dan dua unit ke Filipina.

"Sudah ada lima, terakhir kemarin berangkat satu. Bulan ini sudah selesai," ujar Direktur Utama PTDI Elfien Goentoro saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Elfien mengatakan, rencananya PTDI akan mengirim lagi satu pesawat ke Senegal. Namun, belum dapat dipastikan apakah Desember 2018 bisa dikirim atau awal 2019. PTDI, kata Elfien, dimodali Bank Ekspor Indonesia sekitar Rp 400 miliar untuk modal proyek pesawat ke Senegal dan Nepal.

"Itu ekspor juga. Jadi BUMN juga penghasil devisa," kata Eflien.

Elfien berharap negara-negara yang sudah pernah memesan pesawat ke PTDI akan kembali melakukan pesanan. Sejauh ini, ada Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Korea sudah beberapa kali memesan pesawat dan pemeliharaannya ke PTDI.

"Seperti Korea, mereka akan repeat order untuk CN-235. Mudah-mudahan dapat kontraknya tahun ini," kata Elfien.


Close Ads X