Kompas.com - 06/06/2018, 13:00 WIB
Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia, Elfien Goentoro di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Rabu (6/6/2018). KOMPAS.com/AMBARANIE NADIADirektur Utama PT Dirgantara Indonesia, Elfien Goentoro di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Rabu (6/6/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Dirgantara Indonesia tengah menyelesaikan pengiriman lima pesawat jenis NC-212 pesanan Filipina dan Vietnam medio hingga Juni 2018.

Dari lima unit tersebut, tiga unit dikirim ke Vietnam dan dua unit ke Filipina.

"Sudah ada lima, terakhir kemarin berangkat satu. Bulan ini sudah selesai," ujar Direktur Utama PTDI Elfien Goentoro saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Elfien mengatakan, rencananya PTDI akan mengirim lagi satu pesawat ke Senegal. Namun, belum dapat dipastikan apakah Desember 2018 bisa dikirim atau awal 2019. PTDI, kata Elfien, dimodali Bank Ekspor Indonesia sekitar Rp 400 miliar untuk modal proyek pesawat ke Senegal dan Nepal.

"Itu ekspor juga. Jadi BUMN juga penghasil devisa," kata Eflien.

Elfien berharap negara-negara yang sudah pernah memesan pesawat ke PTDI akan kembali melakukan pesanan. Sejauh ini, ada Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Korea sudah beberapa kali memesan pesawat dan pemeliharaannya ke PTDI.

"Seperti Korea, mereka akan repeat order untuk CN-235. Mudah-mudahan dapat kontraknya tahun ini," kata Elfien.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.