Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Setiap Rp 1 Juta yang Beredar Ada 3 Uang palsu

Kompas.com - 06/06/2018, 19:44 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia mengaku memasuki minggu ketiga bulan puasa belum mendapatkan laporan temuan uang palsu. Menurut BI, rasio perbandingan uang palsu masih berada pada posisi 1:3.

"Artinya pada setiap Rp 1 juta uang yang beredar ada 3 uang palsu. Tetapi kalau saya lihat di periode Lebaran kali ini sudah bagus sekali ," ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi di Gedung BI, Rabu (6/6/2018).

Rosmaya mengatakan, rendahnya rasio peredaran uang palsu dikarenakan BI telah melakukan tindakan preventif dengan mengedukasi masyarakat untuk berhati-hati dalam melakukan transaksi sehingga tidak menerima uang palsu.

Selain itu, BI juga telah bekerja sama dengan pihak berwajib untuk memberikan sanksi tegas kepada setiap pelaku atau pengedar uang palsu.

Baca juga: BI: Uang Palsu Rawan Beredar Saat Pilkada Serentak 2018

"Kita juga kerja sama dengan pihak Kejaksaan serta MA (Mahkamah Agung) untuk menerangkan mengenai uang palsu ini sehingga yang mengedarkan maupun yang memprakarsai mendapatkan hukuman yang seberat-beratnya," ucap Rosmaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com