Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Besok Pagi Tol Fungsional Bisa Digunakan

Kompas.com - 07/06/2018, 18:19 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan jalur tol fungsional sudah bisa digunakan mulai Jumat (8/6/2018) pukul 06.00 WIB.

Untuk memperlancar mudik Lebaran 2018, pemerintah mengoperasikan tak kurang dari 438,83 kilometer ruas tol Trans-Sumatera dan Trans-Jawa.

"Jalur tol fungsional kami tinjau bersama Bapak Menteri PUPR dan Pak Kapolda serta Kakorlantas, besok pukul 06.00 WIB sudah bisa digunakan," kata Budi saat mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan terminal baru Bandara Ahmad Yani di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/6/2018).

Budi memastikan, kondisi tol yang dioperasikan secara fungsional untuk mudik Lebaran kali ini akan lebih baik dari Lebaran tahun sebelumnya.

(Baca: Serunya Menjajal Jalur Mudik Tol Trans Jawa)

 

Bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sejumlah fasilitas telah disiapkan untuk menunjang kebutuhan para pemudik yang melalui tol fungsional, di antaranya rest area temporer yang dibuat tiap 10 kilometer sepanjang tol fungsional.

Rest area temporer yang dimaksud memiliki fasilitas tempat istirahat, toilet, dan tempat sholat yang dibuat lebih luas. PT Jasa Marga (Persero) menempatkan rest area temporer itu di satu dari dua jalur tol fungsional. 

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang dirangkum Kompas.com, ruas tol Trans-Sumatera yang dibuka fungsional meliputi Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Paket 1 (SS Bakauheni-SS Sidomulyo), Paket 2 (SS Sidomulyo-SS Lematang), Paket 3 Branti-Metro, dan Paket 4 Gunung Sugih-Terbanggi Besar sepanjang 88,44 kilometer.

Kemudian, Tol Palembang-Indralaya Seksi 2 dan 3 (Pamulutan-Indralaya) sepanjang 14,18 kilometer dan Tol Medan Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) Seksi 1 SS Tanjung Morawa-SS Parbarakan sepanjang 10,75 kilometer. Terakhir, Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 22 kilometer.

(Baca: Tol Sumo Paling Siap Sambut Mudik Lebaran 2018)

Sementara itu, ruas tol Trans-Jawa yang dibuka fungsional yaitu Tol Pejagan-Pemalang Seksi 3 dan 4 (Brebes Timur-Pemalang) sepanjang 37,3 kilometer, Tol Pemalang-Batang sepanjang 39,2 kilometer, dan Tol Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer.

Berikutnya, Tol Semarang-Solo Seksi 4 dan 5 (Salatiga-Kartasura) sepanjang 32,54 kilometer, Tol Solo-Ngawi Segmen Kartasura-Sragen dan Segmen Sragen-Ngawi sepanjang 86 kilometer, dan Tol Ngawi-Kertosono Seksi IV (Wilangan)-Kertosono) sepanjang 39,05 kilometer.

Terakhir, Tol Kertosono-Mojokerto Seksi IV (Bandar-Batas Barat) sepanjang 0,9 kilometer, dan Tol Gempol-Pasuruan Seksi 2 (Rembang-Pasuruan) sepanjang 6,6 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com