Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Kertajati Siap Berangkatkan Lima Kloter Haji

Kompas.com - 07/06/2018, 18:44 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, Bandara Kertajati siap beroperasi untuk embarkasi haji 2018.

Untuk gelombang pertama, Bandara Kertajati bisa memberangkatkan lima kloter.

"Bandara Kertajati betul-betul kita manage dengan benar. Kami siap lima kloter keluar dari sana," ujar Luhut dalam rapat kerja di Badan Anggaran DPR RI, Kamis (7/6/2018).

Berbagai fasilitas seperti hotel dan transportasi di sekitar bandara telah disiapkan.

9Baca: Penantian 15 Tahun Bandara Kertajati)

"Semua fasilitas tidak ada yang tidak siap. Tinggal Kemenag kalau mau, hajinya lima kloter kira-kira 2.500 orang sudah bisa jalan," katanya.

 

Keberangkatan dari Bandara Kertajati diyakini akan mempermudah calon jemaah haji. Mereka tak perlu jauh-jauh ke Cengkareng untuk berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta.

"Dia hanya pakai Airbus 330 ke Cengkareng, baru nanti dia ke Jeddah. Semua kita hitung," kata Luhut.

Sebelumnya, pemerintah menggelar rapat koordinasi setingkat menteri secara tertutup terkait antisipasi Bandara Kertajati sebagai Embarkasi Haji Tahun 2018 di kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Rabu (6/6/2018).

(Baca: Dirjen Hingga Menteri Irit Bicara Soal Rencana Bandara Kertajati)

Usai rapat koordinasi, semua pejabat pemerintah yang hadir dan keluar dari ruang rapat kompak irit bicara, termasuk Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Menko PMK Puan Maharani.

Bandara Kertajati diresmikan Presiden Jokowi pada 24 Mei 2018 lalu. Bandara tersebut disebut-sebut siap untuk digunakan untuk penerbangan haji 2018.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com