Hari Ini, Tol Ciawi-Cigombong Sudah Bisa Dilalui

Kompas.com - 08/06/2018, 08:30 WIB
Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), Minggu (8/4/2018). Waskita KaryaTol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), Minggu (8/4/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) Basuki Hadimuljono memastikan jalan tol Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km--bagian dari proyek Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) sepanjang 54 km--secara fungsional bisa digunakan mulai hari ini, Jumat (8/6/2018).

"Seksi 1 dari Tol Bocimi ini mulai besok, setelah shalat Jumat sudah bisa dipakai pemudik Lebaran," katanya saat meninjau kondisi di Cigombong, Sukabumi, Kamis.

Menurut Basuki, pemudik bisa menggunakan jalan tol tersebut secara gratis dan diharapkan dapat mengurai kepadatan di jalan arteri Jakarta-Sukabumi.

"Sesuai laporan Kakorlantas Polri, jika menggunakan jalan arteri, jalan nasional, waktu tempuh Ciawi-Cigombong sekitar satu jam lebih," kata Basuki.

Sementara, jika melalui jalan tol ini, kata Basuki, hanya sekitar 20 menit.

Basuki juga menyatakan, skenario operasi fungsional Lebaran untuk tol ini sampai arus balik dan setelah itu proyek akan diteruskan dan ditargetkan akhir Juli sudah bisa dioperasikan.

"Ada beberapa opsi yang disiapkan tol ini yakni, jika terjadi kepadatan, maka pemudik akan dikeluarkan ke jalan nasional di daerah Caringin," kata Basuki.

Seksi 1 proyek ini, kemajuan konstruksinya 89 persen dengan investasi sebesar Rp3,1 triliun.

Sampai Ciranjang Basuki menambahkan, proyek Tol Bocimi akan diteruskan hingga Ciranjang sehingga total kilometernya bertambah jadi 78 kilometer dari sebelumnya 54 kilometer.

"Sampai Cibadak direncanakan tahun depan sudah bisa fungsional juga dan hingga 2019 sudah bisa sampai Sukabumi dan hingga Ciranjang, pada 2020," kata Basuki.

Direktur Operasi III Waskita, Bambang Rianto menyebutkan, saat digunakan fungsional hanya dua dari empat lajur arah Sukabumi yang digunakan.

"Jalur sebelah kanan sengaja tidak dipakai karena untuk jalur darurat dan ketika arus balik, akan dipakai sebaliknya. Hanya saja, ketika arus balik, di KM4 diarahkan gunakan lajur kiri," kata Bambang.

Tol seksi 1 Bikini ruas Ciawi-Cigombong itu juga dilengkapi parking bay di KM10.

Proyek Tol Bocimi direncanakan menelan dana investasi Rp15,9 triliun ini dimiliki oleh Badan Usaha Jalan Tol PT Trans Jabar Tol dengan kepemilikan saham PT Waskita Toll Road sebesar 81 persen, PT Bukaka Mega Investama 10,14 persen dan PT Jasa Sarana 8,22 persen.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X